sunbanner

Bendungan Seluas 1,740 Ha Ini Dulunya Lahan Bekas Perkampungan Terbengkalai di Banten, Gak Nyangka! Ternyata Begini Kisah Tragisnya

Bendungan Seluas 1,740 Ha Ini Dulunya Lahan Bekas Perkampungan Terbengkalai di Banten, Gak Nyangka! Ternyata Begini Kisah Tragisnya

bendungan-hpgruesen/pixabay-

Proyek megah ini, yang dimulai pada Oktober 2015, menelan anggaran dana sekitar Rp1,3 triliun dan kini menjadi bangunan monumental sebagai bendungan terbesar nomor 3 di Indonesia.

Namun, untuk merealisasikan ambisi pembangunan ini, Kampung Karian harus rela menjadi korban. Warga harus meninggalkan kampung halaman mereka, dan pemukiman yang dulu ramai dengan kehidupan sehari-hari kini sunyi dan terlupakan.



Kampung Karian, yang terletak di tempat terpencil Banten, memerlukan perjalanan melalui jembatan gantung yang melintasi Sungai Ciberang dari Kampung Nangela.

Baca juga: Ternyata Segini Besaran UMK 2024, Daftar Lengkap UMK di Kota dan Kabupaten di Jawa Timur

Baca juga: Pesona Luar Biasa! Terbelah Ajaib di Bawah Bandara Yogyakarta, Inilah Penampakan Underpass Yogyakarta yang Punya Dinding Ajaib Bisa Menari!





×

Sayangnya, dua tahun terakhir ini, kampung yang sudah ditinggalkan oleh warganya menghadapi masa terbengkalai.

Puluhan rumah yang sebelumnya menjadi tempat tinggal dan cerita hidup warga, kini terlihat seperti reruntuhan yang disusupi semak belukar, hanya dua rumah yang masih bertahan sebagai saksi bisu perubahan dramatis.

Meskipun peninggalan bangunan dan kenangan hidup harus hancur dalam proses pembangunan, diharapkan bahwa Bendungan Karian dapat membawa manfaat besar bagi 5 juta penduduk dan sektor industri di sembilan kota atau kabupaten di Provinsi Jakarta dan Banten.

Sebuah perjuangan antara pembangunan dan kenangan yang berakhir dalam harapan akan kemajuan dan kesejahteraan.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr