sunbanner

Provinsi Baru Sulawesi Timur Segera Terwujud, Simak Daftar 12 Kabupaten dan Kota yang Bakal Bergabung

Provinsi Baru Sulawesi Timur Segera Terwujud, Simak Daftar 12 Kabupaten dan Kota yang Bakal Bergabung

Kabupaten Banggai--

Provinsi Baru Sulawesi Timur Segera Terwujud, Simak Daftar 12 Kabupaten dan Kota yang Bakal Bergabung

Sulawesi Timur (Sultim) menjadi pusat perbincangan terkait isu pemekaran wilayah di Indonesia.



Pemekaran ini bertujuan memisahkan diri dari Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Baca juga: Bandara Besar Berinisial J di Jawa Timur Ini Rela Keruk Sawah Seluas 2,400 Ha Meski Harus Habiskan Dana Rp 946 Ha, Warganya Justru Bangga Loh

Baca juga: Jalan Tol Terpanjang di Banten Ini Capai 24,17 Km! Dikabarkan Mangkrak Puluhan Tahun dan Buat Rugi Rp 8 Trilliun? Begini Nasibnya 





×

Data dari laman sulteng.bps.go.id mengungkapkan bahwa Sulteng pada tahun 2023 memiliki 13 wilayah, terdiri dari 12 wilayah kabupaten dan 1 wilayah Kota, yaitu Palu.

Total luas wilayah Provinsi Sulteng mencapai 61.841,29 km2, dengan Morowali Utara sebagai wilayah terluas, diikuti oleh Kabupaten Banggai.

Kota Palu, meskipun menjadi ibu kota, memiliki luas wilayah yang lebih terbatas, yaitu 356,351 km2.

Wacana pemekaran wilayah Sulawesi Timur, yang menginginkan pemisahan dari Sulteng, telah lama menjadi perbincangan.

Dalam wacana ini, terdapat 6 kabupaten yang diusulkan menjadi bagian administrasi Sultim, antara lain Morowali, Morowali Utara, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Tojo Una Una (Touna), dan Kabupaten Banggai.

Baca juga: Asli Melimpah! 4 Daerah di Provinsi RIAU jadi Raja Penghasil Cabai Rawit Terbesar, Urutan Pertama Bikin Syok dengan Beratnya, Capai 24.410 Kuintal?

Baca juga: Bongkar Rahasia! 2 Kecamatan Paling Padat di Kabupaten Blora, Ternyata Bukan Jati atau Sambong yang Mendominasi, Ini Faktanya!

Menurut banggai.go.id, Sulawesi Tengah mengandalkan tiga wilayah sebagai penyumbang pendapatan terbesar, yaitu Morowali, Morowali Utara, dan Banggai.

Bupati Banggai, Amirudin, menyatakan bahwa penggabungan ketiga wilayah ini menjadi Daerah Otonom Baru (DOB) di Sulawesi Timur agak sulit dilakukan karena ketiganya merupakan penyumbang pendapatan terbesar.

Oleh karena itu, solusi yang diajukan adalah memekarkan kabupaten baru di Banggai, dengan mencalonkan tiga kabupaten baru, seperti Kabupaten Batui Toili, Kabupaten Bunta, atau Kabupaten Tompotika Raya, untuk memenuhi syarat DOB di Sultim.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr