sunbanner

Dibalik Singkatan Nama KUPANG di NTT dan Nama Daerah yang Bikin Kamu Berdecak Kagum! Apa Artinya dan Apakah Ada Maknanya?

Dibalik Singkatan Nama KUPANG di NTT dan Nama Daerah yang Bikin Kamu Berdecak Kagum! Apa Artinya dan Apakah Ada Maknanya?

12 Rumah di Ujung Selatan Ponorogo yang Sepi Penduduk dan Tanpa Sawah Padi! Berasa Tinggal di Daerah Jauh dari Peradaban-PEXEL-

Kupang

Kupang, sebuah wilayah yang menandakan permulaan Provinsi Nusa Tenggara Timur, muncul dari singkatan yang mengandung makna khusus.

Dalam suatu pemberitaan yang dikutip dari portal resmi kupangkota.go.id, asal-usul nama Kupang dijelaskan bersumber dari frasa 'koenpan'.



Frasa ini terdiri dari dua elemen kata, yaitu 'koen' dan 'pan'. Ungkapan 'koen' merujuk pada gelar seorang raja bernama Raja Koen. Sedangkan, elemen 'pan' merujuk pada suatu lokasi geografis tertentu.

Sehingga, sintesis kedua kata ini, yakni 'koenpan', diadopsi sebagai inspirasi penamaan suatu wilayah.

Saat ini, pelafalan 'koenpan' telah melalui perubahan dan dikenal dengan sebutan Kupang. Dalam versi lain, Kupang juga dikenal dengan sebutan 'kai salun buni baun', informasi ini bersumber dari sejarah asal-usul Kota Kupang.





×

Baca juga: Bandara Besar Berinisial J di Jawa Timur Ini Rela Keruk Sawah Seluas 2,400 Ha Meski Harus Habiskan Dana Rp 946 Ha, Warganya Justru Bangga Loh

Baca juga: Jalan Tol Terpanjang di Banten Ini Capai 24,17 Km! Dikabarkan Mangkrak Puluhan Tahun dan Buat Rugi Rp 8 Trilliun? Begini Nasibnya 

Baca juga: 2 Tahun Menghilang! Desa Terbengkalai di Banten Ini Terpaksa Kegusur Demi Dijadikan Bendungan Raksasa di Indonesia, Luasnya Bisa Capai 1,740 Ha

Ende

Provinsi Nusa Tenggara Timur juga mencakup wilayah bernama Ende, yang merujuk pada singkatan dengan makna khusus.

Sebagaimana diuraikan dalam informasi yang tersedia di laman ummetro.ac.id, asal-usul nama Ende dikaitkan dengan frasa 'cinde', yang bermakna ular sawa.

Pendapat ini dikuatkan oleh cerita masyarakat Ende, yang mengisahkan keberadaan seekor ular ajaib di sekitar Gunung Meja atau Gunung Pui di Nusa Cilik.

Ada juga pandangan lain yang menyebutkan bahwa Ende berasal dari kata 'ciendeh', yang mengacu pada sebuah pulau di wilayah tersebut.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr