sunbanner

Punya Julukan Kota Gadis, Ternyata Banyak yang Ngak Tahu Fakta Julukan Madiun Merupakan Singkatan, Simak Artinya di Sini

Punya Julukan Kota Gadis, Ternyata Banyak yang Ngak Tahu Fakta Julukan Madiun Merupakan Singkatan, Simak Artinya di Sini

Ibu Kota Sumatera TimurBerubah? Labuhan Batu Berpotensi Jadi Provinsi Baru, Siapakah yang Terpengaruh?--

Punya Julukan Kota Gadis, Ternyata Fakta Julukan Madiun Merupakan Singkatan, Simak Artinya di Sini

Kota Madiun, yang merupakan kota terbesar keempat di Provinsi Jawa Timur setelah Surabaya, Malang, dan Kediri.



Wilaya ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 196.917 jiwa pada tahun 2022, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS).

Baca juga: Samarinda Ajak 5 Daerah di Kalimantan Timur Bentuk Provinsi Baru, Apa Saja? Cek Infonya di Sini

Baca juga: Ngak Cuma Kabupaten Minahasa dan Minahasa Utara, Simak Daftar Calon Wilayah Baru di Provinsi Sulawesi Utara





×

Luas wilayah Kota Madiun mencapai 33,23 km2, dan meskipun tidak sebesar Surabaya yang dijuluki Kota Pahlawan di Jatim, Kota Madiun memiliki julukan yang khas, yaitu Kota Gadis.

Julukan "Kota Gadis" tidak terkait dengan banyaknya perempuan cantik di Kota Madiun, melainkan merupakan singkatan dari tiga indikator utama perkembangan ekonomi kota tersebut.

Dalam konteks ini, "GADIS" merupakan singkatan dari Kota Perdagangan, Pendidikan, dan Industri.

Ketiga indikator tersebut menjadi bagian dari visi Kota Madiun sebagai pusat perkembangan ekonomi di bagian barat Provinsi Jawa Timur.

Dalam sektor perdagangan, Kota Madiun memegang peran penting sebagai pusat perdagangan bagi daerah sekitarnya seperti Magetan, Pacitan, dan Ponorogo.

Baca juga: Asli Melimpah! 4 Daerah di Provinsi RIAU jadi Raja Penghasil Cabai Rawit Terbesar, Urutan Pertama Bikin Syok dengan Beratnya, Capai 24.410 Kuintal?

Baca juga: Bandara Besar Berinisial J di Jawa Timur Ini Rela Keruk Sawah Seluas 2,400 Ha Meski Harus Habiskan Dana Rp 946 Ha, Warganya Justru Bangga Loh

Fasilitas perdagangan di Kota Madiun, seperti Pasar Besar Madiun, Pasar Sleko, Pasar Kawak, serta beberapa mal dan pusat perbelanjaan besar seperti Presiden Plaza, Suncity Mall, Carefour, Timbul Jaya Plaza, Madiun Plaza, dan Pasar Raya Sri Ratu, mendukung peran tersebut.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr