sunbanner

Benarkah Komet Raksasa Sebesar Tiga Kali Gunung Everest Meledak dan Segera Menghantam Bumi? Cek Fakta Sebenarnya

Benarkah Komet Raksasa Sebesar Tiga Kali Gunung Everest Meledak dan Segera Menghantam Bumi? Cek Fakta Sebenarnya

Benarkah Komet Raksasa Sebesar Tiga Kali Gunung Everest Meledak dan Segera Menghantam Bumi? Cek Fakta Sebenarnya-austin-human/unplash-

Apakah metor sebesar gunung Everest Meledak?

Ledakan pada komet cryovolcanic seperti 12P/Pons-Brooks terjadi karena akumulasi gas dan es di dalam inti komet yang kemudian meledak, mirip dengan tekanan yang memicu ledakan kaleng minuman soda yang membeku.

Inti padat dari komet ini terdiri dari es, debu, dan gas, dan saat dipanaskan oleh matahari, tekanan dalam cryomagma ini terus meningkat. Akibatnya, nitrogen dan karbon monoksida meledak dan melepaskan puing-puing es melalui retakan besar di cangkang inti.



Apa yang menarik adalah ini adalah kedua kalinya dalam empat bulan terakhir bahwa komet 12P/Pons-Brooks mengalami ledakan serupa.

Sebelumnya, letusan yang mirip terjadi pada 20 Juli 2023. Dua ledakan tersebut menciptakan sebuah fenomena yang terlihat seperti sepasang tanduk raksasa atau bahkan dispekulasikan mirip dengan pesawat luar angkasa Millennium Falcon dalam dunia Star Wars.

Hal ini menciptakan ketertarikan besar terutama bagi komunitas astronomi dan pengamat bintang.





×

Saat ini, 12P/Pons-Brooks berada di konstelasi Hercules dan dapat diamati dari arah Timur-Utara-Timur pada ketinggian 36 derajat di atas ufuk.

Sebagai komet ini terus mendekati Bumi, para ilmuwan memperkirakan bahwa kemungkinan besar komet ini akan terus meledak, bahkan berpotensi lebih dahsyat dari sebelumnya saat memasuki orbit Bumi.

Baca juga: Masa Aksi Gelar Bela Palestina di Depan Gedung Kedubes Amerika di Jakarta, Warga Serukan Keadilan dan Kemanusiaan

Baca juga: Bisnis Hospitality Gugur: Garuda Plaza Hotel Medan, Hotel Bintang 4 yang Merana Akibat Tamu yang Berguguran Padahal Sudah Berdiri Sejak tahun 50-an

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr