sunbanner

Jaraknya Cuma 12 Jam dari Kota Palu, Kecamatan di Sulawesi Tengah Ini Kabarnya Bakal Jadi Ibukota Provinsi Baru, Cek Infonya

Jaraknya Cuma 12 Jam dari Kota Palu, Kecamatan di Sulawesi Tengah Ini Kabarnya Bakal Jadi Ibukota Provinsi Baru, Cek Infonya

Kabupaten Banggai--

Luar Biasa Mewah dan Keren! Ini Daftar Mall Megah dan Populer di Kota Pempek, Palembang

Provinsi Sulawesi Tengah memiliki satu kota utama, yaitu Kota Palu, dan terbagi menjadi 12 kabupaten dengan luas wilayah mencapai 61.605,718 km2.



Isu mengenai pemekaran Provinsi Sulawesi Tengah menjadi provinsi baru mencuat, diduga karena wilayahnya dianggap terlalu luas.

Baca juga: Jalur Penghubung Selesai di Bangun, Begini Kabar Proyek Tol Jambi-Rengat di Tahun 2024 Hubungkan Riau dan Jambi Lewat Jalan Tol Baru, Sudah Fix Belum?

Baca juga: Urang Bandung Tau Gak Nih! Pabrik Kopi Raksasa Seluas 6,5 Ha Ini Disulap Jadi Balai Kota Modern Terbaik Habiskan Dana Rp 34,5 Milllia, Lokasinya Ada Disini Loh





×

Pertanyaannya, apakah pembentukan provinsi baru ini hanyalah wacana atau benar-benar terjadi?

Dalam PDF Provinsi Sulawesi Tengah Dalam Angka 2023, diketahui bahwa Kota Palu berfungsi sebagai ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah, menjadi pusat kegiatan utama di provinsi tersebut. Namun, beberapa kabupaten jaraknya sangat jauh dari ibu kota.

Salah satunya adalah Kabupaten Banggai, yang terletak ratusan kilometer dan dapat memakan waktu puluhan jam perjalanan dari Kota Palu.

Kabupaten Banggai merupakan salah satu kabupaten terluas di Provinsi Sulawesi Tengah dengan luas wilayah mencapai 8.252,882 km2.

Kabupaten Banggai juga menarik perhatian karena isu yang menyebutnya akan dijadikan ibu kota provinsi baru.

Lebih tepatnya, Kota Luwuk di Kabupaten Banggai diisukan menjadi ibu kota baru.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr