sunbanner

Sudah Ada Sejak 1924, Kampung Unik di Jawa Barat Ini Warganya Anti Konsumsi Nasi, Mengapa? Begini Alasannya Peraturan Adat Cirendeu

Sudah Ada Sejak 1924, Kampung Unik di Jawa Barat Ini Warganya Anti Konsumsi Nasi, Mengapa? Begini Alasannya Peraturan Adat Cirendeu

desa-felix-mitter/unplash-

Nilai-nilai kepercayaan ini menjadi landasan bagi warga setempat untuk melestarikan budaya dan adat istiadat mereka.

Terlihat bahwa meskipun ada kemajuan teknologi seperti TV dan handphone, warga tetap mempertahankan nilai-nilai tradisional mereka.



Kampung Adat Cireundeu memiliki konsep kampung adat yang diwariskan turun-temurun, terbagi menjadi tiga bagian terkait dengan penggunaan lahan.

Hutan terlarang (Leuweung Larangan), hutan reboisasi (Leuweung Tutupan), dan hutan pertanian (Leuweung Baladahan) menjadi bagian integral dari kehidupan mereka.

Uniknya, warga kampung ini sering berpuasa dari mengonsumsi beras, sebagai pengujian keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.





×

Puasa ini dilakukan dengan tidak mengonsumsi beras dan memilih makan rasi atau beras singkong selama waktu tertentu.

Baca juga: Urang Bandung Tau Gak Nih! Pabrik Kopi Raksasa Seluas 6,5 Ha Ini Disulap Jadi Balai Kota Modern Terbaik Habiskan Dana Rp 34,5 Milllia, Lokasinya Ada Disini Loh

Baca juga: Mambi Nekat Lepaskan Diri dari Sulawesi Barat dan Ikat 7 Daerah Menjadi Satu Wilayah, Ternyata Sudah Ubah Nama?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr