sunbanner

Resiko Besar Intai Jawa Tengah Usai Dikabarkan 3 Kota Ini Hilang di Peta Tahun 2035 Mendatang, Hoax atau Fakta? Begini Penjelasannya

Resiko Besar Intai Jawa Tengah Usai Dikabarkan 3 Kota Ini Hilang di Peta Tahun 2035 Mendatang, Hoax atau Fakta? Begini Penjelasannya

Peta Jawa Tengah -map data/google-

Mari kita lihat kota-kota di Jawa Tengah yang terancam tenggelam dan bahkan menghadapi risiko lebih besar dibandingkan Jakarta.

1. Semarang



Semarang, ibukota provinsi Jawa Tengah, menduduki peringkat pertama sebagai kota yang terancam tenggelam akibat perubahan iklim yang ekstrem.

Prediksi mengindikasikan bahwa pada tahun 2050, Semarang bisa menghadapi risiko tenggelam yang serius. Banjir Rob yang sering terjadi di kota ini menjadi penyumbang masalah, dan setiap tahun daerah pesisir Semarang mengalami penurunan tanah hingga 10 cm.

Baca juga: Bupati Turut Berduka! Wonogiri Kini Alami Kebangkrutan Senilai 200 M, Setelah Eks Terminal Seluas 2 Ha Batal Dibuat Jadi Mall Megah dan Hotel Mewah, Alasannya





×

2. Pekalongan

Kota Pekalongan juga menjadi sorotan sebagai kota yang terancam tenggelam. Letaknya di kawasan endapan muda membuat Pekalongan rentan terhadap penurunan tanah secara alami.

Diperkirakan, Pekalongan bisa menghadapi ancaman tenggelam pada tahun 2035. Kondisi tanah yang rawan dan peningkatan volume air laut menjadi faktor pendorong terbesar risiko ini.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr