sunbanner

Hasil Pemekaran Jawa Barat Ini Lahirkan Dua Kota Baru! Pembentukan Wilayah Ini Bisa Habiskan Dana Berapa? Simak Wilayah Ini

Hasil Pemekaran Jawa Barat Ini Lahirkan Dua Kota Baru! Pembentukan Wilayah Ini Bisa Habiskan Dana Berapa? Simak Wilayah Ini

Peta Jabar-map data/google-

2. Kabupaten Bandung Timur

Tidak hanya Bandung Barat yang mengalami pemekaran, Kabupaten Bandung juga terlibat dalam rencana ini dengan pembentukan kota baru bernama Bandung Timur.



Sebanyak 15 kecamatan termasuk dalam Bandung Timur, dengan ibukota berada di Rancaekek. Usulan ini sudah muncul sejak awal 2000-an dan bahkan telah mengalami kajian pada tahun 2004.

Baca juga: Mewujudkan Visi Baru Sampai Harus Ubah Nama, Ini Mambi Lakukan Perpisahan dengan Sulawesi Barat, 8 Daerah Ikut Bergabung?

Baca juga: Jangan Kaget! Kota Terkaya di Jawa Barat Bukan Bogor, Ini Lho 10 Daerah Paling Makmur!





×

Meskipun pada saat itu Bandung Timur dianggap tidak memenuhi syarat sebagai kota baru, namun wacana ini kembali mencuat tanpa pembahasan resmi yang jelas.

Semua rencana pemekaran wilayah ini tentu harus melalui proses panjang dan mendapatkan persetujuan pemerintah pusat. Namun, usaha ini menjadi bagian dari visi Jawa Barat untuk meningkatkan pelayanan dan pengembangan di berbagai wilayah di provinsi ini.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr