sunbanner

Provinsi Baru Pemekaran NTB Ini Bisa Bawa 5 Kota Keluar Wilayah Utama, Sumbawa Besar Jadikan Dompu Bakal Calon Ibu Kotanya? 

Provinsi Baru Pemekaran NTB Ini Bisa Bawa 5 Kota Keluar Wilayah Utama, Sumbawa Besar Jadikan Dompu Bakal Calon Ibu Kotanya? 

daerah-bulletrain743/pixabay-

Menurut informasi yang dilansir pada 23 Januari 2022, wilayah administratif Provinsi Sumbawa akan mencakup Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima, dan Kota Bima.

Provinsi ini diestimasi akan memiliki luas wilayah sekitar 15.322 kilometer persegi dan dihuni oleh lebih dari 1.539.138 jiwa, berdasarkan data tahun 2020.



Ibu kota provinsi baru ini direncanakan berada di Sumbawa Besar.

Baca juga: Jaraknya Cuma 12 Jam dari Kota Palu, Kecamatan di Sulawesi Tengah Ini Kabarnya Bakal Jadi Ibukota Provinsi Baru, Cek Infonya

Baca juga: Ngak Kalah dengan di Jakarta, Simak 5 Mall Termegah dan Terbesar di Palembang, Belanja Jadi Makin Asik





×

Wacana pemekaran Sumbawa dari Nusa Tenggara Barat menjadi provinsi baru, meskipun menarik, masih berada dalam tahap wacana.

Proses pemekaran sendiri memerlukan persetujuan pemerintah pusat dan melibatkan serangkaian langkah yang tidak mudah.

Sehingga, saat ini, belum terjadi pemekaran tersebut secara resmi. Artikel ini memberikan gambaran potensi pemekaran wilayah di Indonesia, khususnya di Nusa Tenggara Barat, sambil menunjukkan bahwa pemekaran memerlukan proses dan persetujuan yang matang dari pihak terkait.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr