sunbanner

Ngak Lagi Medan, Ibukota Sumatera Utara Bakal Pindah ke Daerah Kecil Ini, Info Baru Pemekaran Provinsi Sumut

Ngak Lagi Medan, Ibukota Sumatera Utara Bakal Pindah ke Daerah Kecil Ini, Info Baru Pemekaran Provinsi Sumut

Wacana Pemekaran Kabupaten diTangerang Hebohkan Publik, Bentuk Kabupaten Baru di Provindi Banten, Bakal Ditaruh Dimana Wilayah dan Lokasinya?--

Sedangkan untuk kabupaten kota yang diisukan akan jadi Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara menggantikan Medan berada di daerah Danau Toba.

Kabupaten kota yang dimaksud adalah Tapanuli dan Kepulauan Nias.



Baca juga: Kuningan Pilih Keluar dari Jawa Barat, Simak Info Wacan Provinsi Baru di Jabar

Baca juga: Cek 4 Kecamatan di Situbondo yang Terkenal dengan Suasana Padat Penduduknya, Ternyata Banyuputih Bukan Urutan Pertama, No 1 Capai 66 Ribu Jiwa?

Hal ini dilatarbelakangi karena kawasan Danau Toba lebih strategis,serta memiliki akses transportasi darat dan udara yang jauh lebih mudah.





×

Adanya jalan tol Tebing Tinggi ke Parapat yang akan selesai dibangun di tahun 2024 dan bandara Sibisa di Toba dan Silangit di Tapanuli Utara juga diharapkan dapat menopang ibu kota provinsi baru.

Selain isu pemindahan ibu kota provinsi, masyarakat Sumatera Utara juga berkeinginan menjadikan keduanya sebagai provinsi baru.

Kedua usulan provinsi baru ini bahkan sudah masuk daftar RUU 65 DOB yang disahkan dalam sidang paripurna DPR pada 24 Oktober 2013.

Baca juga: Bekasi Utara Beranak Pinak! Kecamatan Ini Putuskan Keluar dari Wilayah Utama dan Masuk Kabupaten Baru, Warganya Gak Menduga?

Meski demikian untuk merealisasikan pemindahan ibu kota atau pembentukan provinsi baru memerlukan proses yang lebih panjang dan mendapat persetujuan pemerintah pusat.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr