sunbanner

Mungkin Anda Baru Tahu, Ini Bedanya Spooring dan Balancing

Mungkin Anda Baru Tahu, Ini Bedanya Spooring dan Balancing

--

OTOMOTIF1.com - Dalam perawatan mobil, istilah spooring - Balancing termasuk salah satu prosedur yang tidak boleh di lewatkan.

Sebab, proses spooring dan balancing merupakan proses mengembalikan kondisi kaki-kaki pada bagian kanan dan kiri agar tetap stabil dan memberikan kenyamanan saat berkendara.



Karena itu, salah satu bentuk perawatan yang perlu dilakukan pemilik mobil adalah spooring dan balancing.

Namun perlu dipahami, meski pengerjaannya sama-sama berada pada satu sektor, yakni roda, tapi antara spooring dan balancing punya peran yang berbeda.

Dengan demikian, bila masih ada yang beranggapan spooring dan balancing merupakan bentuk perawatan yang sama, hal tersebut tidak lah benar.





×

Secara garis besar, spooring berkaitan dengan penyelarasan atau penyesuaian sudut roda mobil. Sementara untuk balancing, menyoal masalah keseimbangan pada tiap roda.

Peran dari bentuk perawatan keduanya memang tidak bisa dianggap remeh, karena salah satu kegunaannya untuk mengurangi atau menekan efek oversteer dan understeer.

"Spooring itu proses pelurusan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal, sedangkan balancing menyeimbangkan keempat roda agar putarannya menjadi seimbang," kata After Sales Manager PT Srikandi Diamod Indah Motor Surabaya, Andari Mega Pratama beberapa waktu lalu kepada Otomotif1 di Surabaya.

Lebih jauh Andari meambahkan,"Perawatan spooring dilakukan guna memastikan roda-roda mobil berada dalam posisi yang sesuai," tegasnya.

"Sementara spooring itu proses pelurusan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal," kata Andari.

Dengan melakukan spooring secara berkala, mobil memiliki sisi stabilitas yang terjaga sehingga lebih nyaman ketika dikendarai, baik ketika di kecepatan tinggi atau saat melintasi rute berkelok.


||

karena secara garis besar, spooring berkaitan dengan penyelarasan atau penyesuaian sudut roda mobil. Sementara untuk balancing, menyoal masalah keseimbangan pada tiap roda.

Dengan demikian, gangguan saat berkendara seperti munculnya getaran pada kemudi, sulit mengendalikan mobil saat berbelok, dan ketidaknyamanan di kecepatan tertentu bisa dihindari.

Bila masih ada yang beranggapan spooring dan balancing merupakan bentuk perawatan yang sama, hal tersebut tidak lah benar.

Meski demikian andari berpesan,"Peran dari bentuk perawatan keduanya memang tidak bisa dianggap remeh, karena salah satu kegunaannya untuk mengurangi atau menekan efek oversteer dan understeer," pesannya.

 

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr