sunbanner

3 Jam dari Surabaya! Inilah Desa Terindah di Jawa Timur Menurut MURI 2023, Punya Anugerah Tanah yang Gembur dengan Keberagaman Potensi

3 Jam dari Surabaya! Inilah Desa Terindah di Jawa Timur Menurut MURI 2023, Punya Anugerah Tanah yang Gembur dengan Keberagaman Potensi

desa-congerdesign/pixabay-

Terletak di Sawahan, Watulimo, Kabupaten Trenggalek, desa ini telah mencatatkan dirinya di sejarah sebagai pemenang Museum Rekor Indonesia (MURI) pada tahun 2023.

Anda mungkin bertanya, apa yang membuat desa ini begitu istimewa?



Desa ini adalah rumah bagi masyarakat petani, peternak, dan pengrajin.

Mereka hidup rukun dalam keseharian mereka dan memiliki keberagaman potensi yang menjadikan desa ini destinasi wisata yang menarik.

Meskipun dulu kondisi alamnya mungkin kurang memuaskan, warga sekitar bersatu untuk mengubah desa ini menjadi tempat yang indah.





×

Salah satu upaya mereka adalah rehabilitasi tanaman hutan.

Desa ini memiliki hutan yang dipenuhi oleh pohon durian.

Bahkan, pada tahun 2023, desa ini meraih MURI untuk kategori desa wisata dengan kawasan hutan durian terluas.

Hutan durian di Desa Wisata Duren Sari Sawahan ini adalah salah satu yang terluas di Asia Tenggara dengan luas lebih dari 650 hektar.

Beberapa pohon durian di sini telah ada selama ratusan tahun, ditanam oleh nenek moyang mereka pada masa penjajahan Indonesia.

Meskipun usianya telah mencapai ratusan tahun, pohon-pohon ini masih berbuah subur hingga saat ini.

Bagi pecinta durian, kunjungan ke Desa Wisata Duren Sari Sawahan adalah suatu keharusan.

Baca juga: Aliran Airnya Capai 750 Ha, Bendungan Pertama di Jawa Tengah ini Sudah Beroperasi Sejak 109 Tahun, Benarkah Tidak Punya Sumber Air Sendiri?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr