sunbanner

Bakal Pecah, Solo Siap Jadi Ibukota Provinsi Baru Hasil Pemekaran Jawa Tengah, Mana Saja Wilayahnya?

Bakal Pecah, Solo Siap Jadi Ibukota Provinsi Baru Hasil Pemekaran Jawa Tengah, Mana Saja Wilayahnya?

Kota Solo - Surakarta - Pasar Gede--

Baca juga: Malang dan Pasuruan Sepakat Bentuk Provinsi Baru, Ajak 4 Kabupaten dan Kota Lain Pisah dari Jawa Timur, Cek Faktanya

Baca juga: Kota Tegal Ternyata Pilih Gabung Provinsi Baru, Pilih Pisah dari Jawa Tengah, Cek Faktanya



Baca juga: Gianyar Gigit Jari! Tak Jadi Juara 1 Daerah Terluas di Bali, Denpasar Apalagi, Kalah Langkah dengan Wilayah Seluas 1.322,68 km Persegi

Pemekaran yang dipaksakan dapat menyulitkan, karena provinsi baru tersebut nantinya cenderung bergantung pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Di Kota Solo, misalnya, meskipun muncul isu bahwa kota tersebut akan menjadi ibu kota provinsi baru yang berdiri sendiri, namun hingga saat ini, tidak ada kepastian bahwa hal tersebut akan terjadi.





×

Isu pemekaran ini mencakup pembentukan provinsi baru dengan wilayah Kabupaten Karanganyar, Sukoharjo, Boyolali, Wonogiri, Sragen, dan Klaten, serta Kota Solo sebagai ibu kota provinsi.

Namun, hingga kini, isu ini masih sebatas wacana dan belum ada pembahasan serius baik dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat mengenai terwujudnya provinsi-provinsi baru yang diinginkan.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr