Isu Memanas! Wacana Pemekaran Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Bakal Keluarkan Gunungkidul dan Sleman?

Isu Memanas! Wacana Pemekaran Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Bakal Keluarkan Gunungkidul dan Sleman?

daerah-ibrahim-musa/unplash-

Provinsi Yogyakarta, sebuah daerah istimewa yang berada di Pulau Jawa, memiliki status resmi sebagai Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Wilayah ini terdiri dari empat kabupaten dan satu kotamadya yang memiliki peran penting dalam pembangunan dan pertumbuhan DIY, yaitu Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunungkidul, dan Kabupaten Kulonprogo.



Sebagai destinasi pariwisata dan pusat pendidikan, Provinsi Yogyakarta telah mengalami pertumbuhan signifikan dalam jumlah penduduknya.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022, jumlah penduduk DIY mencapai 3.761.870 jiwa. Proyeksi untuk tahun 2023 bahkan menunjukkan peningkatan menjadi 4.073.907 jiwa.

Pertumbuhan ini menunjukkan betapa pentingnya peran Yogyakarta sebagai pusat kegiatan dan pengembangan di wilayah tersebut.





×

Baca juga: Surganya Pecinta Durian! Desa Terindah di Provinsi Jatim ini Dinobatkan oleh MURI 2023 Letaknya di Tengah Hutan: Bukan di Jombang Apalagi Wonosalam!

Baca juga: Aceh Bakal Buat Provinsi Baru Hasil Pemekaran Wilayah! Ini Calon Ibukota Aceh Leuser Antara, Kabupaten Penuh Keajaiban

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr