sunbanner

Jangan Heran! Ini Daftar Kecamatan Termaju di Jombang Ternyata Bukan Pusat Kabupatennya

Jangan Heran! Ini Daftar Kecamatan Termaju di Jombang Ternyata Bukan Pusat Kabupatennya

Rahasia Terungkap! Asal-Usul Nama Jombang dan Arti Mendalam Dibalik Singkatan 2 Warna, Hasil Pemekaran Mojokerto?--

6. Gudo

Dikenal sebagai sentra industri kerajinan manik-manik bertaraf internasional yang menggunakan limbah kaca sebagai bahan utama.

Kecamatan ini juga menonjolkan Benteng Tua Hong San Kiong, yang diperkirakan berdiri pada tahun 1750.



Gudo terdiri dari 18 desa atau kelurahan dengan luas wilayah 34,39 km2.

Berbatasan dengan Kecamatan Perak di sebelah utara, Kecamatan Diwek dan Kecamatan Moro di sebelah timur, Kabupaten Kediri di sebelah selatan, serta Kecamatan Perak dan Kabupaten Kediri di sebelah barat.

5. Ngoro

Merupakan persimpangan jalur transportasi dari Jombang menuju Malang dan Kediri. Ngoro dahulu merupakan pusat Kawedanan yang mencakup Kecamatan Ngoro, Bareng, Mojowarno, dan Wonosalam.





×

Saat ini, Ngoro menjadi pusat subsatuan pengembangan wilayah SWP Ngoro. Kecamatan Ngoro terdiri dari 13 desa atau kelurahan dengan luas wilayah 49,86 km2.

Berbatasan dengan Kecamatan Diwek di sebelah utara, Kecamatan Mojowarno dan Kecamatan Bareng di sebelah timur, Kabupaten Kediri di sebelah selatan, serta Kecamatan Gudo dan Kabupaten Kediri di sebelah barat.

Baca juga: Kudus Kota Brem Makin Melanglang Buana Sebagai Wilayah dengan Daerah Paling Ramai tapi Jekulo Ngambek Tak jadi Nomor 1 Kini Ajak Kaliwungu Buat Kabur

4. Peterongan

Peterongan terletak di bagian tengah Kabupaten Jombang, hanya berjarak 5 km dari Ibukota Kabupaten.

Di kecamatan ini, terdapat Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso dan Unipdu.

Dengan luas wilayah 29,47 km2, Peterongan berbatasan dengan Kecamatan Tembelang dan Kesamben di utara, Kecamatan Sumobito di timur, Kecamatan Jogoroto di selatan, serta Kecamatan Tembelang dan Jombang di barat.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr