sunbanner

5 Daerah Ini Dikabarkan Bakal Menyatu dan Buat Wilayah Seluas 5.376 Km2, Gak Nyangka! Daerah Ini Resmi Bakal Masuk Provinsi Baru

5 Daerah Ini Dikabarkan Bakal Menyatu dan Buat Wilayah Seluas 5.376 Km2, Gak Nyangka! Daerah Ini Resmi Bakal Masuk Provinsi Baru

daerah-leon-z/unplash-

+

Namun, saat ini, dukungan untuk pemekaran semakin kuat, dan Jawa Barat berpotensi untuk dibagi menjadi Provinsi Cirebon Raya dengan ibu kota di Kota Cirebon.

Provinsi Cirebon Raya direncanakan akan mencakup lima daerah, yaitu Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan.



Wilayah ini dikenal sebagai Ciayumajakuning, sebuah aglomerasi di Jawa Barat.

Pembentukan Provinsi Cirebon Raya didukung oleh Komite Percepatan Pembentukan Provinsi Cirebon Raya (KP3C), yang bahkan meminta adanya diskusi terbuka dengan Gubernur Jawa Barat.

Pihak KP3C menegaskan bahwa jika pembentukan Provinsi Cirebon Raya dianggap tidak layak, mereka meminta bukti secara akademis.





×

Baca juga: Bumi Ulama ada di Rembang Jawa Tengah! Mari Menilik Sebuah Kisah yang Terbentang Luas di Tanah Jateng Mencapai 38,28 km2

Baca juga: Dijuluki Tanah Tiongkok Kecil Inilah Juara 1 Dari 5 Daerah Tersempit di Rembang Jawa Tengah, Sale dan Kaliori Bukan Juaranya

Tanggapan ini memicu respons dari Anggota Komisi 1 DPRD Jawa Barat, Abdy Yuhana, yang menganggap hal tersebut sebagai bentuk aspirasi masyarakat yang wajar.

Namun, pada saat itu, realisasi usulan tersebut belum dapat dilaksanakan karena Indonesia tengah menghadapi pandemi dan Jawa Barat fokus pada pemindahan pusat pemerintahan ke Tegalluar.

Meskipun demikian, dengan dukungan politik yang semakin kuat dan pergeseran fokus pemerintahan, pembentukan Provinsi Cirebon Raya melalui pemekaran Jawa Barat menjadi potensi nyata di masa depan.

Provinsi baru ini diharapkan dapat mengatasi kendala birokrasi dan meratakan pembangunan di wilayah tersebut, membawa manfaat bagi masyarakat setempat.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr