sunbanner

Usai Jakarta Bukan Ibukota Lagi, Wacana Provinsi Sunda Raya Bakal Gabungkan Jakarta dan Banten Sekaligus? Simak Penjelasannya Disini

Usai Jakarta Bukan Ibukota Lagi, Wacana Provinsi Sunda Raya Bakal Gabungkan Jakarta dan Banten Sekaligus? Simak Penjelasannya Disini

daerah-erol-ahmed/unplash-

Wacana provinsi baru Sunda Raya 

Jakarta, sebagai ibu kota Indonesia, memiliki luas wilayah sekitar 661,23 km2. Sementara itu, Banten juga menjadi salah satu wilayah yang diusulkan untuk bergabung dan memiliki luas wilayah mencapai 9.352,77 km2.

Namun, tidak hanya itu, Jawa Barat sendiri akan menjadi bagian dari Sunda Raya dengan luas wilayah sekitar 35.377,76 km2. Ketika ketiga wilayah ini digabungkan, maka Sunda Raya akan memiliki luas mencapai 45.391,76 km2.



Selain melibatkan wilayah yang luas, tiga provinsi ini juga memiliki jumlah penduduk yang signifikan. Jakarta memiliki populasi yang cukup besar sebagai ibu kota Indonesia, sementara Jawa Barat dan Banten juga memiliki jumlah penduduk yang signifikan, mencapai 12 juta dan 49 juta penduduk masing-masing.

Meskipun wacana penggabungan ini telah menjadi topik perbincangan, banyak tokoh masyarakat Indonesia menolak ide ini, termasuk Paguyuban Pasundan Didi Turmudzi.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, juga menyuarakan penolakannya terhadap wacana ini. Menurutnya, rencana penggabungan hanya didasarkan pada alasan sejarah budaya semata.





×

Sebagian besar tokoh masyarakat dan pemimpin daerah menilai bahwa rencana pembentukan provinsi baru ini hanya merupakan ilusi semata dan tidak akan pernah terwujud.

Provinsi Sunda Raya hingga saat ini hanya merupakan usulan tanpa kepastian akan terlaksana atau tidak. Proses pemekaran wilayah membutuhkan pertimbangan yang matang dan penuh kajian untuk memastikan manfaat yang positif bagi masyarakat setempat.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr