sunbanner

Kurang Puas, DKI Jakarta Pilih Banten Jadi Wilayah Tambahan Usai Isu Pemekaran Bentuk Sunda Raya, Mana Ibukotanya?

Kurang Puas, DKI Jakarta Pilih Banten Jadi Wilayah Tambahan Usai Isu Pemekaran Bentuk Sunda Raya, Mana Ibukotanya?

daerah-mustaf/unplash-

Wacana provinsi baru Sunda Raya 

Sebelumnya, wacana penggabungan Jakarta, Banten, dan Jawa Barat telah menjadi perbincangan hangat, dengan usulan untuk membentuk provinsi baru bernama Sunda Raya.

Rencana ini melibatkan wilayah yang cukup besar dan memiliki potensi untuk menjadi ibu kota baru di Sunda Raya, dengan jarak yang relatif dekat, hanya sekitar 167 kilometer dari kota Depok.



Gerakan Pilihan Sunda, yang tertuang dalam Maklumat Sunda, adalah pelopor dari usulan ini. Proyeksi pemekaran wilayah ini mendapatkan restu dari berbagai pihak karena mencakup wilayah yang sangat luas.

Meskipun wacana penggabungan ini telah menjadi topik perbincangan, banyak tokoh masyarakat Indonesia menolak ide ini, termasuk Paguyuban Pasundan Didi Turmudzi.

Baca juga: Kronologi Ben Kasyafani Mantan Suami Marshanda Diduga Terlibat Aliran Sesat, Dapatkan Somasi dari Dua Jemaah





×

Baca juga: Mahasiswa Baru Pengen Punya Rekening Tanpa Harus Ke Bank? Mungkin Line Bank Bisa Jadi Solusinya, Inilah Fitur Terbaik Bank Digital

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, juga menyuarakan penolakannya terhadap wacana ini. Menurutnya, rencana penggabungan hanya didasarkan pada alasan sejarah budaya semata.

Sebagian besar tokoh masyarakat dan pemimpin daerah menilai bahwa rencana pembentukan provinsi baru ini hanya merupakan ilusi semata dan tidak akan pernah terwujud.

Provinsi Sunda Raya hingga saat ini hanya merupakan usulan tanpa kepastian akan terlaksana atau tidak. Proses pemekaran wilayah membutuhkan pertimbangan yang matang dan penuh kajian untuk memastikan manfaat yang positif bagi masyarakat setempat.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr