sunbanner

3 Kecamatan Besar di Kediri Ini Bakal Kegusur dan Lahannya Seluas 317 Ha Ini Dirubah Jadi Bandara Terbesar di Jatim, Bisa Kalahkan Juanda?

3 Kecamatan Besar di Kediri Ini Bakal Kegusur dan Lahannya Seluas 317 Ha Ini Dirubah Jadi Bandara Terbesar di Jatim, Bisa Kalahkan Juanda?

daerah-goh-rhy/unplash-

Menariknya, Bandara Internasional Dhoho Kediri menjadi unik karena seluruh biaya pembangunannya didanai secara swasta tanpa melibatkan APBN.

Dana yang digunakan untuk membangun bandara ini mencapai Rp10,8 triliun. Proyek ini merupakan hasil kerjasama antara PT Surya Dhoho Investama dan PT Angkasa Pura I.



Bandara Internasional Dhoho Kediri melibatkan tiga kecamatan di Kabupaten Kediri, yaitu Grogol, Tarokan, dan Banyakan.

Baca juga: Kota Kecil Seluas 10,77 Km Ini Bakal Jadi Ibu Kota Calon Daerah Provinsi Baru Pemekaran Sumut, Jangan Kaget! Pasti Warganya Sudah Bisa Tebak!

Baca juga: Mazda Power Drive 2023, Siapkan 36 Kendaraan Premium dan Terbaik untuk di Test Drive





×

Dengan luas mencapai 317 hektare, bandara ini memiliki landasan pacu sepanjang 3.300 x 60 meter dan lahan parkir seluas 37.108 meter.

Terminal penumpangnya seluas 18.000 m², mampu menampung 1,5 juta penumpang per tahun.

Penting untuk dicatat bahwa bandara ini menjadi salah satu proyek pembangunan yang menarik perhatian karena sumber pendanaannya yang bersifat privat.

Dengan perpaduan antara kemajuan infrastruktur dan pendanaan swasta, Bandara Internasional Dhoho Kediri diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan konektivitas udara di Jawa Timur.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr