sunbanner

Makna Dibalik Nama Pontianak Ternyata Berasal dari Kisah Kuno? Simak Asal Usul Daerah dan Fakta Menarik

Makna Dibalik Nama Pontianak Ternyata Berasal dari Kisah Kuno? Simak Asal Usul Daerah dan Fakta Menarik

daerah-tom-fisk/pexels-

Tanah Seribu juga menjadi pusat pemerintahan yang dikenal sebagai Controleur het Hoofd Onderafdeeling van Pontianak atau Hoofd Plaatselijk Bestuur van Pontianak.

Pada masa itu, Asistent Resident het Hoofd de Afdeeling van Pontianak, yang merupakan sejenis Bupati Pontianak, mendirikan Plaatselijk Fonds yang mengelola kekayaan pemerintah dan dana pajak.



Plaatselijk Fonds kemudian berganti nama menjadi Shintjo. Berdasarkan Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999, Pemerintah Tingkat II Pontianak diubah sebutannya menjadi Pemerintah Kota Pontianak.

Baca juga: Fakta Menarik Magetan Jawa Tengah Ini Hanya Warganya yang Tahu? Waduh! Cek 5 Hal Unik yang Jarang Diketahui

Baca juga: Aliran Airnya Capai 750 Ha, Bendungan Pertama di Jawa Tengah ini Sudah Beroperasi Sejak 109 Tahun, Benarkah Tidak Punya Sumber Air Sendiri?

Asal Usul nama Pontianak 





×

Sebagai ibu kota Provinsi Kalimantan Barat, Kota Pontianak terus berkembang dan menjadi tujuan wisata yang menarik. Selain sejarah pendiriannya, nama "Pontianak" juga memiliki beberapa cerita asal usul yang berbeda. Misalnya sejumlah orang percaya jika nama Pontianak berasal dari nama Kuntilanak. 

Selanjutnya, ada juga nama lainnya yang mana nama Pontianak terpercaya sebagai saaj satu nama sebuah pohon Punti. 

Kemudian, ada juga yang percaya jika nama Pintioanak jugha bwerasal dari sdalah satu nama Kun Tian yang berarti nama sebuah Mandarin yang diartikan pemberhentian. 

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr