sunbanner

Bendungan Terbesar Pulau Jawa Jadi yang Paling Megah se Indonesia! Begini Sejarahnya dan Jadi Saksi Bisu Peradaban

Bendungan Terbesar Pulau Jawa Jadi yang Paling Megah se Indonesia! Begini Sejarahnya dan Jadi Saksi Bisu Peradaban

Bendungan Mewah di Jatim Modalnya Sampe Rp14,954 M, Tapi Kalo Jebol? Bisa Bye-bye 11 Desa, Serem Banget!-UNPLASH-

+

Air yang terkumpul di dalam bendungan memiliki peran yang sangat vital dalam mendukung berbagai kebutuhan masyarakat.

Mulai dari irigasi pertanian, penyediaan air minum untuk perkotaan dan industri, hingga pengendalian banjir dan pembangkit listrik, bendungan menjadi pusat kegiatan yang strategis dalam pengelolaan sumber daya air.



Berdasarkan informasi yang dikutip dari situs resmi Pemerintah Kabupaten Purwakarta (purwakartakab.go.id) pada Rabu (2/8/2023), lokasi Bendungan Jatiluhur terletak sekitar 100 kilometer di arah Tenggara Jakarta, dapat dijangkau melalui jalur tol Jakarta-Cikampek dan tol Cipularang ruas Cikampek-Jatiluhur.

Baca juga: Yuk! Jajal Sensasi Berkendara Mobil Listrik MG Terbaru

Baca juga: Daihatsu Tunjukkan Komitmen Untuk Tingkatkan Kualitas SDM





×

Baca juga: Hotel Megah di Solo Ini Ditentang Presiden Jokowi, Mengapa? Lahan Eks Pabrik Es Seluas 1,3 Ha Ini Disulap Jadi Proyek Senilai Rp 175 Milliar

Selain itu, bendungan ini berjarak sekitar 60 kilometer di arah Barat Laut Bandung, dengan jarak sekitar 7 kilometer dari Purwakarta ke arah barat.

Bendungan Jatiluhur menjalankan fungsi utamanya sebagai pembendung aliran Sungai Citarum, yang terletak di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Wilayah tangkapan Bendungan Jatiluhur mencakup luas sekitar 4.500 kilometer persegi.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr