sunbanner

Dahsyat! Inilah Bendungan Terpanjang di Jawa Timur yang Mencatatkan Rekor, Mengalirkan 36 Liter Air per Detik dan Melibas Biaya Fantastis Rp2,5 Triliun!

Dahsyat! Inilah Bendungan Terpanjang di Jawa Timur yang Mencatatkan Rekor, Mengalirkan 36 Liter Air per Detik dan Melibas Biaya Fantastis Rp2,5 Triliun!

Dahsyat! Inilah Bendungan Terpanjang di Jawa Timur yang Mencatatkan Rekor, Mengalirkan 36 Liter Air per Detik dan Melibas Biaya Fantastis Rp2,5 Triliun!-UNPLASH-

Diharapkan dengan adanya bendungan ini, produksi pertanian dapat mengalami peningkatan yang signifikan.

Ternyata, bendungan terbesar di seluruh Asia Tenggara ini mampu menyediakan air irigasi yang dibutuhkan untuk mengairi sawah seluas 1900 Hektar.



Kapasitas tampung air dalam bendungan ini mencapai angka 32,6 juta meter kubik, dengan luas genangan mencapai 365 Hektar.

Nah, tahukah Anda di mana letak pasti bendungan yang menjadi pembangunan terbesar di Asia Tenggara ini?

Di Desa Sambikerep, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk, terdapat sebuah bendungan yang memiliki prestasi sebagai bendungan terpanjang di Asia Tenggara.





×

Bendungan ini diberi nama Bendungan Semantok dan memiliki panjang mencapai 3.005 meter serta tinggi mencapai 34 meter.

Baca juga: 8 Bendungan Terbesar di Indonesia, yang Paling Besar Ada di Jatim! Sudahkah Kamu Mengetahui yang Tersembunyi? Cek di Sini

Baca juga: Jembatan Besar di Banten Ini Berdiri di Atas Jalan Tol Tengerang - Merak! Berdiri Sepanjang 33,8 Meter Bisa Muat hingga 400 Ton Kendaraan

Baca juga: Jalan Tol Terbesar di Banten Ini Sudah Berdiri 40 Tahun Silam, Miliki Panjang Capai 59 Km Bisa Hubungkan Daerah Antar Jakarta

Lokasinya strategis, berada di aliran sungai dan terletak di antara bukit-bukit yang melingkupi Sungai Semantok.

Pemilihan lokasi yang tepat ini memungkinkan bendungan untuk berfungsi secara optimal dalam mengendalikan aliran air.

Pembangunan Bendungan Semantok dilakukan dengan tujuan utama untuk meminimalisir risiko banjir, menjaga ketersediaan air saat musim hujan, serta mendistribusikan air ketika musim kemarau.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr