sunbanner

Pemekaran Kalimantan Timur Paling Mencegangkan Bakal Ajak Balikpapan Keluar Wilayah, Serius? Begini Wacana Daerah Baru Kaltim

Pemekaran Kalimantan Timur Paling Mencegangkan Bakal Ajak Balikpapan Keluar Wilayah, Serius? Begini Wacana Daerah Baru Kaltim

Peta Kaltim -map data/google-

Balikpapan, dengan luas wilayah sekitar 512,25 km2 atau 0,40 persen dari luas Kalimantan Timur yang mencapai 127.346,92 km2, menjadi sorotan karena peran pentingnya dalam industri pertambangan minyak.

Kota minyak ini memiliki potensi besar untuk menjadi ibukota provinsi baru, seandainya usulan pemekaran wilayah tersebut direalisasikan.



Beberapa kabupaten seperti Tanah Bumbu, Penajam Paser Utara, dan Paser sendiri sempat diisukan akan menjadi bagian dari provinsi baru hasil pemekaran ini.

Baca juga: Gedung Besar Terbengkalai di Surabaya Ini Mirip Mall, Dibangun Sejak Tahun 2003! Ternyata Proyek Ini Pengembangan dari Bangunan Singapura

Baca juga: Kantor Bupati Termegah di NTB Jadi Sorotan Usai Habiskan Dana Rp 110 Milliar, Berdiri Seluas 2 Ha Namun Kontoversial?





×

Kabupaten-kabupaten tersebut menyuarakan ketidakpuasan terhadap pembangunan yang dinilai tidak merata, dan pemekaran wilayah dianggap sebagai solusi untuk meningkatkan pemerataan pembangunan.

Tiga kabupaten tersebut bahkan diusulkan untuk masuk ke provinsi baru yang diberi nama Kalimantan Tenggara, dengan Balikpapan sebagai ibukotanya.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr