sunbanner

Dilema Pemilihan Ibu Kota Baru Jawa Barat: Bogor Raya Melepaskan Gelar dan Cari Pengganti, Bandung Siap Ambil Alih Pusat Pemerintahan?

Dilema Pemilihan Ibu Kota Baru Jawa Barat: Bogor Raya Melepaskan Gelar dan Cari Pengganti, Bandung Siap Ambil Alih Pusat Pemerintahan?

daerah-felix-mitermin/unplash-

Salah satu faktor utama yang mendorong pemekaran adalah ketidakseimbangan pembangunan, terutama terkait dengan fokus pembangunan di wilayah-wilayah tertentu, seperti yang terjadi di Jawa Barat.

Sebagai provinsi yang luas dengan populasi besar, Jawa Barat telah menjadi pusat pembangunan di Pulau Jawa.



Baca juga: Sukabumi di Ujung Tanduk Usai Kabar Pemekaran Jawa Barat Makin Gencar! Bogor Percaya Diri Ajak 5 Kabupaten Ini Bergabung

Baca juga: Seger! Ini 5 Lokasi di Klaten Penghasil Buah Mangga Terbesar, Paling Banyak Dikira Delanggu Ternyata Wilayah Ini yang Jumlahnya Ribuan Ton?

Dengan luas wilayah mencapai 35.377,76 kilometer persegi dan populasi sekitar 49,4 juta jiwa, Jawa Barat dianggap terlalu besar untuk dikelola secara efisien.





×

Namun, terdapat dua wilayah yang menolak untuk bergabung dengan Bogor Raya setelah memisahkan diri dari Jawa Barat.

Kota Bekasi dan Kota Depok lebih memilih untuk bergabung dengan Jakarta, dengan alasan kesamaan budaya dan faktor lainnya, seperti yang diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Kota Depok, Hardiono, dan Walikota Depok, Mohammad Idris.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr