sunbanner

Siapa Sangka! Demak Beresiko Tenggelam 10 Tahun Mendatang, Benarkah? Begini Wacana 5 Daerah di Indonesia yang Bakal Hilang

Siapa Sangka! Demak Beresiko Tenggelam 10 Tahun Mendatang, Benarkah? Begini Wacana 5 Daerah di Indonesia yang Bakal Hilang

Demak -Dinkeminfo Demak-

Menurut berbagai sumber, beberapa daerah yang terancam tenggelam akibat dampak perubahan iklim atau abrasi antara lain:

Demak, Jawa Tengah



Abrasi pantai di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, menjadi ancaman serius. Setiap tahun, sekitar 100 meter lahan tenggelam akibat abrasi. Faktor-faktor seperti penurunan tanah, kenaikan suhu, reklamasi, dan pembangunan telah memperburuk situasi ini. Banjir rob bahkan telah merenggut dua Dusun di desa Bedono, memaksa lebih dari 200 kepala keluarga untuk pindah.

Pekalongan, Jawa Tengah

Kota Pekalongan di pesisir Jawa Tengah menghadapi penurunan muka tanah sebesar 6 cm per tahun dan kenaikan permukaan air laut. Meskipun pemerintah setempat berupaya dengan membangun tanggul dan meninggikan lantai rumah, air laut tetap mengancam pemukiman. Banjir rob kini terjadi hampir setiap hari, bahkan di kelurahan yang jauh dari laut.





×

Baca juga: Kelok Sembilan: Jembatan Tertua di Sumatera Barat yang Menyimpan Rahasia Usia Lebih dari Nenek-Nenek!

Baca juga: Misteri Kelok Sembilan: Apakah Jembatan Ini Lebih Tua dari Negara Kita? Simak Kisahnya yang Membuat Tercengang!

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr