sunbanner

Mega Proyek Bendungan di Jawa Timur! Lebih dari Rp1 Triliun Ditanam, Simak Dampaknya ke 300 Bidang Lahan di Perbatasan Jatim-Jateng!

Mega Proyek Bendungan di Jawa Timur! Lebih dari Rp1 Triliun Ditanam, Simak Dampaknya ke 300 Bidang Lahan di Perbatasan Jatim-Jateng!

Sulap Gelombang Air Jadi Listrik! Bendungan Tercanggih di Maluku Multifungsi yang Siap Terangi Ribuan Rumah Pakai Sumber Listrik 8 Megawatt-PEXEL-

Dengan investasi yang fantastis, Bendungan Karangnongko ini terletak di Desa Mendenrejo, Kecamatan Kradenan, dan membendung Sungai Bengawan Solo.

Progres pembangunan bendungan sempat terhambat akibat pandemi Covid-19, namun diharapkan proses pembebasan lahan dapat dimulai pada tahun 2023.



Hal ini diupayakan agar pembangunan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Rencananya, konstruksi bendungan akan dimulai pada tahun 2024, dengan target penyelesaian pada tahun 2027.

Baca juga: Terisolasi? Inilah Desa Terpencil di Pati Cuma Ada 4 Rumah dan 4 KK? Mayoritas Warganya Kemana?





×

Baca juga: 6 Nama Desa Nyentrik di Kabupaten Gresik yang Wajib Kamu Ketahui! Nomor 5 Bikin Nyesek

Tujuan utama pembangunan Bendungan Karangnongko adalah untuk meningkatkan pasokan air irigasi bagi lahan pertanian, sehingga dapat mendukung ketahanan air dan pangan.

Dengan luas genangan mencapai 1.026,55 ha dan kapasitas tampung efektif sebesar 59,1 juta meter kubik, bendungan ini diharapkan dapat menyuplai air irigasi untuk lahan seluas 62.000 ha.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr