sunbanner

Telaga di Gresik ini Dibangun oleh Sunan Giri Sejak Tahun 1473 M, Sakti Banget Bisa Pisahkan 2 Gunung Tapi Rusak Akibat Sayuran

Telaga di Gresik ini Dibangun oleh Sunan Giri Sejak Tahun 1473 M, Sakti Banget Bisa Pisahkan 2 Gunung Tapi Rusak Akibat Sayuran

Danau Toba -kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif-

Ada yang percaya bahwa pembuatan telaga melibatkan bantuan dari para santri, tetapi versi lain menyebutkan bahwa air tiba-tiba muncul setelah Sunan Giri mencabut tongkatnya yang tertancap di tanah.

Telaga Pegat memisahkan dua gunung, yaitu Gunung Petireman dan Bagong, memberikan daya tarik sendiri bagi pengunjung.



Lokasinya yang hanya 300 meter ke arah tenggara makam Sunan Giri menambah nuansa spiritual dan sejarah pada tempat ini.

Masyarakat sekitar percaya bahwa Telaga Pegat dipenuhi aura mistis. Oleh karena itu, pengunjung diimbau untuk menjaga tutur kata saat berada di sekitar telaga ini.

Kepercayaan juga berkembang bahwa air dari Telaga Pegat memiliki khasiat penyembuhan, mulai dari penyakit rematik hingga masalah kulit.





×

Seiring berjalannya waktu, Telaga Pegat pernah mengalami masa sulit akibat pertumbuhan kangkung air yang membuat airnya keruh.

Baca juga: Bagaimana Cara Merawat Motor Listrik Yang Baik dan Benar, Simak 6 Langkah Mudah Gak Perlu Biaya Mahal, Anak Kecil Juga Bisa!

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr