sunbanner

Ngak Semuanya Luas, Simak 5 Wilayah Tersempit di Papua Barat Bahkan Ukurannya Ngak Sampai 5 Persen

Ngak Semuanya Luas, Simak 5 Wilayah Tersempit di Papua Barat Bahkan Ukurannya Ngak Sampai 5 Persen

DPRD Kota Sorong--

Ngak Semuanya Luas, Simak 5 Wilayah Tersempit di Papua Barat Bahkan Ukurannya Ngak Sampai 5 Persen

Provinsi Papua Barat memegang posisi sebagai salah satu wilayah terluas di Indonesia yang terletak di ujung timur negeri.



Luas wilayahnya mencapai 99.398,26 kilometer persegi, yang setara dengan 5,25 persen dari total luas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca juga: Wajib Tahu! 5 Tempat Wisata Alam Tersembunyi di Sukabumi yang Menawan, Ternyata Lokasinya Tergolong Daerah Terpencil, Intip Lokasinya!

Baca juga: Kantor Balai Desa Lampung Dibangun Sangat Megah, Bangunan 130 KM dari Bandar Lampung dengan Biaya Miring 394 Juta Rupiah Bikin Karyawan Auto Betah Kerja Lama





×

Papua Barat, dengan luasannya tersebut, sebelumnya menduduki peringkat kelima sebagai provinsi terbesar di Indonesia sebelum adanya pemekaran wilayah pada akhir 2022.

Penting dicatat bahwa Indonesia saat ini memiliki empat provinsi baru yang merupakan hasil pemekaran dari Papua dan Papua Barat.

Keempat provinsi tersebut adalah Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya.

Provinsi Papua Barat Daya muncul setelah pemekaran wilayah yang melibatkan beberapa daerah di Provinsi Papua Barat.

Sebelum pemekaran, Provinsi Papua Barat terdiri dari 13 kabupaten/kota, di antaranya lima wilayah dengan luas relatif kecil.

Baca juga: Pesona 10 Nama Desa di Klaten Jawa Tengah: Seru dan Anehnya Sebutan Nomor 9 Ini Ada Sangkut Pautnya dengan Mistis?

Beberapa di antaranya, seperti Kabupaten Maybrat dan Kabupaten Teluk Wondama, memiliki wilayah yang tidak begitu besar.

Meskipun demikian, jika dipersentasekan terhadap luas total provinsi, kabupaten-kabupaten tersebut memiliki andil lebih dari lima persen.

Berikut adalah daftar lima daerah dengan luas wilayah terkecil di Provinsi Papua Barat sebelum pemekaran wilayah, menurut data BPS tahun 2022 yang disajikan dalam Buku Provinsi Papua Barat Dalam Angka Tahun 2023:

1. Kota Sorong

Kota Sorong, yang kini menjadi bagian dari Provinsi Papua Barat Daya setelah pemekaran wilayah, sebelumnya memiliki luas wilayah sebesar 205,26 kilometer persegi, atau setara dengan 0,21 persen dari total luas provinsi.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr