sunbanner

Jadi Proyek Strategis Nasional, 5 Bendungan Ini Siap Diresmikan Awal 2024

Jadi Proyek Strategis Nasional, 5 Bendungan Ini Siap Diresmikan Awal 2024

Mengguncang Dalam Gelap, Bendungan Ajaib Bakal Terangi 8.750 Rumah di Maluku, Sebab Sumber Listrik 8 Megawatt-Berbagai Sumber-

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen untuk membangun infrastruktur sumber daya air guna mendukung ketahanan air dan pangan di Indonesia, dengan fokus utama pada pembangunan bendungan.

Menurut Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja, yang juga menjabat sebagai Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan, sebanyak lima bendungan yang merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) siap diresmikan pada awal tahun 2024.



Kelima bendungan tersebut adalah Bendungan Karian, Cipanas, Sepaku Semoi, Tiu Suntuk, dan Lolak. Karian, dengan kapasitas tampung 314.7 juta m3, akan memberikan suplai air ke Daerah Irigasi Ciujung seluas 22.000 hektar. Selain untuk irigasi, Bendungan Karian juga akan menyediakan air baku untuk rumah tangga dan industri di berbagai kota dan kabupaten di Provinsi Jakarta dan Banten.

Bendungan Cipanas, di sisi lain, akan meningkatkan suplai air irigasi pertanian di Kabupaten Sumedang dan Indramayu serta menyediakan air baku untuk industri dan permukiman di kawasan Rebana, termasuk Bandara Kertajati.

Bendungan Sepaku Semoi, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air baku di Kawasan Industri Kendaraan Bermotor Nasional (IKN) dan Balikpapan. Sementara Bendungan Tiu Suntuk, yang pembangunannya dimulai pada Februari 2020, memiliki kapasitas tampungan 55,90 juta m3 dan memiliki potensi untuk menyediakan air baku, energi listrik melalui Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM), serta menjalankan fungsi konservasi dan pariwisata.





×

Terakhir, Bendungan Lolak diharapkan dapat mendukung irigasi, penyediaan air baku, pariwisata, konservasi air, dan bahkan memiliki potensi sebagai sumber tenaga listrik.

Semua proyek bendungan ini menjadi bagian dari upaya nyata pemerintah dalam menghadapi perubahan iklim dan meningkatkan ketahanan air dan pangan di Indonesia. Rencananya, kelima bendungan ini akan diresmikan pada awal tahun 2024, sebagai langkah konkret dalam mendukung pembangunan infrastruktur sumber daya air di negara ini.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr