sunbanner

Pintu Air Peninggalan Belanda di Jombang Dam Turipinggir yang Bikin Penasaran Warga, Kira-Kira Jadi Saksi Bisu Tragedi Sejarah Apa?

Pintu Air Peninggalan Belanda di Jombang Dam Turipinggir yang Bikin Penasaran Warga, Kira-Kira Jadi Saksi Bisu Tragedi Sejarah Apa?

ILUSTRASI Pintu Air Peninggalan Belanda di Jombang Dam Turipinggir yang Bikin Penasaran Warga, Kira-Kira Jadi Saksi Bisu Tragedi Sejarah Apa?-american-publik/unplash-

Seperti kita ketahui, Indonesia pernah menjalani masa penjajahan oleh Belanda, termasuk Kabupaten Jombang sebagai salah satu wilayah yang berada di bawah kekuasaan Belanda pada masa itu.

Setelah Indonesia merdeka, bangunan yang sebelumnya dikuasai oleh Belanda menjadi bangunan bersejarah yang menyimpan nilai-nilai historis.



Salah satu peninggalan bersejarah Belanda di Indonesia adalah Dam Turipinggir di Kabupaten Jombang.

Lokasinya tepat di Desa Turipinggir, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, seperti yang diinformasikan dalam unggahan di akun Instagram @jadimaukemana.

Baca juga: Honda PCX dan Yamaha NMax Hancur! Usai Datang Sepeda Motor Super Baru dan Sangar dengan Teknologi Canggih





×

Baca juga: Diem-diem Bae! Inilah 5 Kabupaten di Karanganyar yang Tersepi: Jejak Misterius Kecamatan Jumapolo dan Mojogedang yang Tak Jadi Juaranya, Daerah Mana yang Palig Sunyi?

Bangunan bersejarah ini juga dikenal dengan sebutan Saluran Induk Tunggorono atau Dam Turipinggir, dan telah berdiri kokoh selama hampir satu abad.

Menurut penemuan pada bangunan tersebut, diperkirakan bahwa pintu air ini dibangun pada tahun 1926, menjadikannya peninggalan berusia hampir seratus tahun.

Dam Turipinggir memiliki fungsi utama dalam mengalirkan air dari Sungai Brantas ke sungai-sungai kecil di sekitar Desa Turipinggir.

Selain itu, peran pentingnya terlihat dalam membantu petani dalam mengairi persawahan, serta mengurangi debit air di sungai utama.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr