sunbanner

Kalimantan Timur Pastikan Pemekaran Ini Berhasil dan Lancar! Luas Kaltim 127.364,92 Bisa Pecah dan Masuk Provinsi Baru, Bisa Tebak Wilayah Mana? 

Kalimantan Timur Pastikan Pemekaran Ini Berhasil dan Lancar! Luas Kaltim 127.364,92 Bisa Pecah dan Masuk Provinsi Baru, Bisa Tebak Wilayah Mana? 

daerah-jon-rosalino/unplash-

Provinsi baru hasil pemekaran Kalimantan Timur ini diharapkan terdiri dari 4 kabupaten atau kota, dengan Balikpapan sebagai kandidat ibukota karena fasilitas yang lengkap.

Namun, usulan ini tidak sepenuhnya diterima, terutama oleh pihak seperti mantan Ketua DPRD Balikpapan, Andi Burhanuddin Solong.



Andi Burhanuddin Solong menyampaikan keberatannya, menyoroti besarnya biaya yang dibutuhkan untuk pemekaran Kalimantan Timur.

Baca juga: Makan Sampai Mabuk! 3 Gudang Durian di Kabupaten Semarang Ada di Kecamatan Ini, Ternyata Kecamatan yang Menyimpan Kelezatan dan Keberlimpahan Bukan Getasan Saja?

Menurutnya, usulan tersebut juga memiliki unsur politis yang kuat, terlihat dari pembentukan Tim Peneliti Pembentukan Provinsi Kalimantan Tenggara yang dipimpin oleh Harimuddin Rasyid.





×

Tim ini telah melakukan kajian menyeluruh terkait aspek sosial, budaya, politik, ekonomi, hingga pertahanan daerah.

Meskipun telah dilakukan kajian mendalam, hingga kini usulan pemekaran Kalimantan Timur belum mendapat respon resmi dari pemerintah pusat.

Baca juga: Diem-diem Bae! Inilah 5 Kabupaten di Karanganyar yang Tersepi: Jejak Misterius Kecamatan Jumapolo dan Mojogedang yang Tak Jadi Juaranya, Daerah Mana yang Palig Sunyi?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr