sunbanner

Deretan Wisata Kota Tua Indonesia: Eksplorasi 5 Situs Bersejarah dengan Keindahan Bangunan Ikonik dari Masa Lampau, Ada di Surabaya, Yogya hingga Jakarta

Deretan Wisata Kota Tua Indonesia: Eksplorasi 5 Situs Bersejarah dengan Keindahan Bangunan Ikonik dari Masa Lampau, Ada di Surabaya, Yogya hingga Jakarta

347 Km dari Sumatera Utara, Dibalik Pembubaran Provinsi Seluas Kamboja dan Kelahiran 3 Provinsi Baru di NKRI-PEXEL-

1. Kota Lama Semarang memegang sejarah panjang dengan koleksi bangunan bersejarah yang telah berdiri sejak masa penjajahan Hindia Belanda berabad-abad yang lalu.

Tidak dapat disangkal bahwa salah satu mercusuar tertua di kota ini adalah Gereja Blenduk, yang konon berasal dari era penjajahan Portugis pada tahun 1753.



Dengan atap menyerupai kubah yang khas, gereja ini telah menjadi saksi bisu lebih dari dua setengah abad perjalanan sejarah.

2. Kota Tua Yogyakarta, yang terletak di sekitar Malioboro, menyimpan jejak sejarah yang berharga.

Bangunan-bangunan besar dan ikonik di area ini, seperti Kantor Pos Besar, Bank Indonesia, dan Gedung BNI, terus berfungsi hingga saat ini, mencerminkan keabadian dan keindahan arsitektur masa lalu.





×

Baca juga: 3 Nama Kecamatan Unik di Purworejo ini Jadi Penghasil Jahe Ter Besar se-Jawa Tengah, Nomor 1 Namanya Mirip Penyanyi Luar Negeri dengan Lagu Talking To the Moon

Baca juga: Dikenal Pesugihannya! Desa Terpencil di Wonogiri yang Merahasiakan Kekayaan Pusaka Ponorogo Simpan Berbagai Hal Menakjubkan?

3. Jalan Braga di Bandung, sebagai salah satu jalur utama pada masa pemerintahan Belanda, menghadirkan sejumlah bangunan klasik yang menjadi warisan berharga.

Gedung Warenhuis De Vries, Gedung Merdeka, dan sejumlah kafe berarsitektur klasik adalah bukti nyata kejayaan masa lalu yang tetap tersisa hingga kini.

4. Terakhir, namun tak kalah penting, adalah Kota Tua Jakarta yang kaya akan bangunan klasik peninggalan Belanda.

Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, dan Jembatan Kota Intan adalah beberapa contoh bangunan ikonik di kawasan ini, yang senantiasa menyampaikan cerita masa lalu dan keberlanjutan sejarah ibukota Indonesia.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr