sunbanner

Kecamatan Bulang FIX Pisah dari Kepulauan Riau? Lalu Jika Nekat Cabut, Apa yang Terjadi?

Kecamatan Bulang FIX Pisah dari Kepulauan Riau? Lalu Jika Nekat Cabut, Apa yang Terjadi?

Jejak Panjang 347 Km dari Sumatera Utara Menuju Pembubaran Provinsi Mirip Kamboja, Muncul 3 Provinsi Baru yang Menakjubkan di Indonesia-PEXEL-

Kecamatan Bulang FIX Pisah dari Kepulauan Riau? Lalu Jika Nekat Cabut, Apa yang Terjadi?

Apa benar dampaknya membuat Kecamatan Bulang keluar dari KEPRI? Wacana terkait pemekaran Kepulauan Riau, bakal buat 5 daerah di Provinsi baru nanti.



Usulan pemekaran Kepulauan Riau atau Kepri telah lama menjadi perbincangan. Pada tanggal 24 September 2002, Kepri resmi menjadi provinsi setelah dipisahkan dari Provinsi Riau.

Terbentuknya provinsi ini merupakan hasil dari upaya keras yang dilakukan oleh Badan Perjuangan Pembentukan Provinsi Kepulauan Riau (BP3KR). Saat ini, provinsi ini terdiri dari tujuh kabupaten atau kota.

Baca juga: Kabupaten di Gresik Ini Miliki 5 Kecamatan Terjauh yang Bisa Tembus 180 Km dari Pusat Kota! Waduh, Warganya Keberatan Gak Nih? 





×

Baca juga: Bukan Ngantang atau Donomulyo, Ternyata Kecamatan Ini yang Paling Luas di Kabupaten Malang, Penasaran?

Baca juga: Taman Laut Terbesar dan Terbaik di Gorontalo Ini Bisa Kalahkan Banda Neira? Disebut Hidden Paradise Sulawesi, Sudah Ada Sejak Tahun 2006

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, luas wilayah provinsi ini mencapai 8.201,72 km2. Sementara itu, pada tahun 2022, jumlah penduduknya telah mencapai angka 2.179.820 jiwa.

Ibu kota provinsi ini terletak di Tanjungpinang, sebuah daerah seluas 144,56 km2. Meskipun termasuk provinsi yang relatif baru di Indonesia, tetapi beberapa pihak telah mengusulkan pemekaran wilayah di Kepri.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr