sunbanner

Pemekaran Provinsi Jawa Timur Ini Paling Dinantikan! Wilayah Banyuwangi Bakal Lepas dan Buat Daerah Baru, Ibu Kotanya Kabupaten Ini

Pemekaran Provinsi Jawa Timur Ini Paling Dinantikan! Wilayah Banyuwangi Bakal Lepas dan Buat Daerah Baru, Ibu Kotanya Kabupaten Ini

Peta Jatim-map data/google-

Provinsi ini diyakini akan beribukota di Kabupaten Jember, yang terletak sekitar 198 km dari Kota Surabaya. Rencananya, Provinsi Blambangan akan memiliki tujuh wilayah administratif, termasuk Kabupaten Jember, Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Lumajang, Probolinggo, dan Kota Probolinggo.

Namun, berdasarkan penelusuran informasi dari sumber yang otentik, ditemukan fakta bahwa informasi tentang pembentukan Provinsi Blambangan tersebut tidak benar.



Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Jempin Marbun, secara tegas menyatakan bahwa hingga saat ini belum ada undang-undang yang mengatur pembentukan provinsi baru hasil pemekaran dari Provinsi Jawa Timur.

Baca juga: Taman Laut Terbesar dan Terbaik di Gorontalo Ini Bisa Kalahkan Banda Neira? Disebut Hidden Paradise Sulawesi, Sudah Ada Sejak Tahun 2006

Baca juga: Asal-Usul dan Sejarah Bandara Raja Loloda Mokoagow di Sulawesi Utara Cuma Butuh 5 Jam Aja dari Pusat Kota Manado!





×

Dengan demikian, Provinsi Jawa Timur akan tetap memiliki 38 wilayah administratif dan luas wilayah 48.037 km² seperti saat ini.

Isu tentang pembentukan provinsi baru dengan ibu kota 198 km dari Surabaya ternyata merupakan disinformasi yang perlu diklarifikasi.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr