sunbanner

Surakarta Lepas dari Wilayah Jawa Tengah dan Pilih Masuk Provinsi Baru Hasil Pemekaran! Kabupaten Ini Lepas dari Daerah Baru 

Surakarta Lepas dari Wilayah Jawa Tengah dan Pilih Masuk Provinsi Baru Hasil Pemekaran! Kabupaten Ini Lepas dari Daerah Baru 

Surakarta-pemerintahan kota Surakarta-

Dengan luas mencapai 11.112 km² jika dihitung dari luas masing-masing daerah, jelas bahwa Surakarta menjadi kandidat kuat sebagai ibu kota provinsi ini.

Adanya usulan agar status provinsi ini mirip dengan Yogyakarta, bahkan dengan nama Daerah Istimewa Surakarta, semakin menguatkan wacana ini.



Bupati Karanganyar, Juliyatmono, turut mendukung wacana tersebut, dan menegaskan bahwa ide ini sudah ada sejak Jokowi menjabat sebagai Walikota Surakarta.

Baca juga: Bikin Jatuh Cinta! Skuter Scomadi Motor Gagah Nan Rupawan Saingan Berat Vespa ini Harganya Cuma 89 Jutaan dengan Kapasita Mesin 171 cc Cocok Buat Healing!

Meskipun mendapatkan dukungan dari sejumlah kepala daerah, usulan ini tentu memerlukan kajian ilmiah yang lebih mendalam dan harus melalui tahapan rapat dewan serta persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).





×

Meski begitu, bukan tak mungkin bahwa pembentukan Provinsi Surakarta dari pemekaran Jawa Tengah dapat terwujud di masa depan. Dengan luas wilayah mencapai 11.112 km², calon provinsi ini menjadi satu sorotan menarik.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr