sunbanner

Pemekaran Wilayah Makin Gencar! Jabar Ajukan Diri Masuk Wilayah dengan DOB Terbaik Loh, Bandung Bukan Ibu Kota Lagi 

Pemekaran Wilayah Makin Gencar! Jabar Ajukan Diri Masuk Wilayah dengan DOB Terbaik Loh, Bandung Bukan Ibu Kota Lagi 

daerah-bryan-rodrigu/unplash-

Untuk mewujudkan pemekaran ini, perwakilan masyarakat telah melakukan deklarasi resmi pada tahun 2021, yang dihadiri oleh anggota DPR RI Maman Imanulhaq.

Meskipun wacana serupa muncul 14 tahun yang lalu pada 2009, namun dukungan politik yang belum kuat menjadikan usulan tersebut hanya sebatas wacana.



Kini, dengan dukungan yang semakin kuat, pemekaran Jawa Barat menuju Provinsi Cirebon Raya sepertinya bisa segera terjadi.

Komite Percepatan Pembentukan Provinsi Cirebon Raya (KP3C) telah dibentuk dengan lima daerah yang bergabung, yaitu Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan.

Wilayah ini dikenal dengan Ciayumajakuning, aglomerasi di Jawa Barat.





×

KP3C meminta diskusi terbuka dengan Gubernur Jawa Barat, dan jika dianggap tidak layak, mereka meminta bukti akademis sebagai dasar keputusan.

Baca juga: Pemekaran Provinsi Jawa Timur Ini Paling Dinantikan! Wilayah Banyuwangi Bakal Lepas dan Buat Daerah Baru, Ibu Kotanya Kabupaten Ini

Baca juga: Dana Investasi Capai Rp 272 Milliar, Waduk Besar di Kaltim Ini Bikin Geger Sebab Mangkrak Hampir 16 Tahun, Kok Bisa? Begini Penjelasannya 

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr