sunbanner

Surabaya Digusur jadi Wilayah Baru? Simak Rincian 3 Provinsi Anyar yang Akan Terbentuk dari Pemekaran Jawa Timur, Ini Nama Daerahnya!

Surabaya Digusur jadi Wilayah Baru? Simak Rincian 3 Provinsi Anyar yang Akan Terbentuk dari Pemekaran Jawa Timur, Ini Nama Daerahnya!

daerah-pexels/luca-

Pemekaran Menjadi Tiga Provinsi Baru

Menurut wacana yang beredar, pemekaran Provinsi Jawa Timur akan menghasilkan tiga entitas provinsi baru.

Pertama adalah Provinsi Mataram, yang mencakup wilayah Kabupaten Kediri, Kota Kediri (sebagai ibu kota), Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Pacitan.



Kedua, Provinsi Madura yang meliputi Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan (sebagai ibu kota), Kabupaten Sumenep, dan Kota Pamekasan.

Baca juga: Ngadirejo dan Kedu Ngacir! Usai 5 Kecamatan Teramai di Kabupaten Temanggung ini Makin Sempit Wilayahnya dengan Jumlah Penduduk Mencapai 83.571 Jiwa

Terakhir, Provinsi Blambangan yang terdiri dari Kabupaten Jember (sebagai ibu kota), Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, dan Kabupaten Lumajang.





×

Meskipun muncul spekulasi mengenai potensi pemekaran ini, penting diingat bahwa ini hanyalah wacana belaka.

Pendirian sebuah provinsi baru bukanlah perkara mudah, melibatkan proses panjang dan harus mendapatkan persetujuan dari pemerintah pusat.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr