sunbanner

Surabaya Kehilangan Dominasi dengan Munculnya 3 Provinsi Baru dari Jawa Timur, Simak Detail Faktanya!

Surabaya Kehilangan Dominasi dengan Munculnya 3 Provinsi Baru dari Jawa Timur, Simak Detail Faktanya!

daerah-mikhail-nilov/pexels-

Surabaya Kehilangan Dominasi dengan Munculnya 3 Provinsi Baru dari Jawa Timur, Simak Detail Faktanya!

Kabar terkini datang dari wacana pemekaran Jawa Timur yang mengguncang tanah air. Tiga provinsi baru berpotensi muncul dari hasil pemekaran ini, namun, bagaimana nasib Surabaya?



Berbicara tentang Provinsi Jawa Timur, muncul wacana menarik terkait pemekaran menjadi tiga provinsi baru.

Rencana ini, jika terlaksana, akan membawa perubahan signifikan di beberapa wilayah yang saat ini masih bernaung di bawah naungan provinsi tersebut.

Baca juga: Surabaya Digusur jadi Wilayah Baru? Simak Rincian 3 Provinsi Anyar yang Akan Terbentuk dari Pemekaran Jawa Timur, Ini Nama Daerahnya!





×

Baca juga: Pelabuhan Terbesar di Jawa Barat Ini Dibangun di Lahan 300 Ha, Habiskan Dana Rp 43,22 Milliar! Bisa Tebak Namanya Apa?

Baca juga: Kabarnya Berhubungan dengan Bangsa Tartar, Simak Fakta Menarik Blitar, Kota yang Jaraknya Cuma 3 Jam dari Surabaya

Salah satu sorotan utama dalam wacana ini adalah Kota Surabaya. Kabarnya, kota ini berpotensi untuk menghilang dari peta provinsi karena statusnya sebagai ibu kota Jawa Timur.

Dalam pemekaran wilayah, biasanya, ibu kota akan dipindahkan ke provinsi baru yang terbentuk.

Pendapat terkait pemekaran provinsi Jawa Timur juga datang dari Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti.

Beliau menekankan bahwa proses pemekaran wilayah membutuhkan serangkaian tahapan dan kajian mendalam sebelum dapat diimplementasikan sepenuhnya.

Pentingnya persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga menjadi catatan krusial dalam merinci wilayah-wilayah baru yang berpotensi terbentuk.

Salah satu wilayah yang muncul dalam pembicaraan pemekaran provinsi Jawa Timur adalah Kabupaten Jember.

MZA Djalal, mantan Bupati Jember, secara terbuka menyuarakan keinginan untuk melepaskan kawasan Tapal Kuda dari provinsi Jawa Timur.

Meski wacana ini mencuat, masih dibutuhkan sejumlah diskusi mendalam dan kajian lebih lanjut sebelum keputusan akhir dapat diambil.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr