sunbanner

4 Daftar Wilayah Pemekaran Papua: Kabupatan Marauke dan Manokwari Bakal Terpisah Jauh, Siapa Sangka! Kabupaten Ini Turut Pecah Belah 

4 Daftar Wilayah Pemekaran Papua: Kabupatan Marauke dan Manokwari Bakal Terpisah Jauh, Siapa Sangka! Kabupaten Ini Turut Pecah Belah 

daerah-nikita-belokhova/pexels-

Sebelum pemekaran, Kabupaten Merauke dan Kota Sorong berada di bawah naungan Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Namun, pertanyaan muncul mengenai status kedua daerah ini setelah pemekaran, apakah tetap berada di provinsi semula atau menjadi bagian dari provinsi baru?

Provinsi Papua Selatan:
Provinsi ini terdiri dari empat kabupaten baru, termasuk Kabupaten Merauke. Kabupaten Merauke, yang sebelumnya merupakan bagian dari Provinsi Papua, kini menjadi bagian dari Provinsi Papua Selatan, dengan status sebagai ibukota provinsi.



Provinsi Papua Tengah:
Provinsi ini, hasil pemekaran wilayah Provinsi Papua, memiliki delapan kabupaten, termasuk Kabupaten Nabire yang menjadi ibukota provinsi.

Baca juga: Surabaya Digusur jadi Wilayah Baru? Simak Rincian 3 Provinsi Anyar yang Akan Terbentuk dari Pemekaran Jawa Timur, Ini Nama Daerahnya!

Provinsi Papua Pegunungan:
Dengan Kota Wamena sebagai ibukotanya, Provinsi Papua Pegunungan mencakup delapan kabupaten, seperti Kabupaten Jayawijaya, Lanny Jaya, Mamberamo Tengah, Nduga, Tolikara, Yahukimo, Yalimo, dan Pegunungan Bintang.





×

Provinsi Papua Barat Daya:
Kota Sorong, yang sebelumnya termasuk dalam Provinsi Papua Barat, kini menjadi ibukota Provinsi Papua Barat Daya. Provinsi ini juga melibatkan enam kabupaten lainnya, yaitu Sorong, Sorong Selatan, Raja Ampat, Tambrauw, Mamberamo, dan Maybrat.

Baca juga: Daerah Seluas 46,72 Km Ini Bakal Jadi Calon Ibu Kota Provinsi Baru Hasil Pemekaran! Gak Nyangka, Klaten dan Semarang Bakal Terpisah 

Provinsi Papua Barat:
Setelah pemekaran wilayah, Provinsi Papua Barat menyisakan tujuh kabupaten, termasuk Manokwari yang tetap menjadi ibukota provinsi.

Provinsi Papua:
Provinsi ini juga mengalami pemekaran, meninggalkan sembilan kabupaten dan kota, seperti Jayapura, Biak Numfor, Keerom, Kepulauan Yapen, Mamberamo Raya, Sarmi, Supiori, dan Waropen.

Dengan adanya pemekaran ini, diharapkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah-wilayah baru dapat lebih optimal. Meskipun pemekaran wilayah ini telah direncanakan, implementasinya memerlukan perhatian dan dukungan lebih lanjut untuk memastikan keberlanjutan pembangunan dan pemerataan di seluruh provinsi di Indonesia.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr