sunbanner

Kampung Unik dan Besar di Jawa Tengah Ini Sudah Ada Sejak Zaman Kerajaan? Berdiri Sejak Tahun 1,551 Tahun, Waganya Pake Bahasa Jawa Kawi? 

Kampung Unik dan Besar di Jawa Tengah Ini Sudah Ada Sejak Zaman Kerajaan? Berdiri Sejak Tahun 1,551 Tahun, Waganya Pake Bahasa Jawa Kawi? 

desa-dmitry/pexels-

Ngupit, merupakan nama lama dari sebuah desa di Kabupaten Klaten yang kemudian dibagi menjadi dua desa, yakni Desa Kahuman dan Desa Ngawen.

Uniknya, secara administratif, tidak ditemukan nama desa yang bernama Ngupit, sesuai informasi dari laman klatenkab.go.id.



Prasasti yang menjadi bukti sejarah ini memiliki bentuk batu lingga dengan bagian bawah berbentuk kubus, memiliki tinggi mencapai 85 cm dengan bagian bawah 48 cm dan bagian atas 37 cm.

Tertulis di prasasti, tahun 788 Saka atau 866 Masehi, diyakini sebagai tahun berdirinya Desa Ngupit.

Selain itu, prasasti juga mencatat keputusan Rakai Halaran yang menetapkan tanah sima atau tanah perdikan yang disebut Upit.





×

Ngupit, dalam bentuk Desa Kahuman dan Desa Ngawen, tetap menyimpan jejak sejarah ini dengan baik. Prasasti Upit, yang kini dijadikan replika, dapat disaksikan di belakang Kantor Desa Kahuman, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Baca juga: Bandara Raksasa dan Megah di Blora Ini Sempat Mangkrak 36 Tahun Kok Bisa? Begini Kondisinya Saat Ini, Lakukan Ganti Rugi Capai Rp 14 Milliar

Baca juga: Surabaya Pamit Undur Diri Demi Masuk Provinsi Baru Hasil Pemekaran! 100 Km dari Ibu Kota, Ini Calon DOB Beserta Ibu Kotanya

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr