sunbanner

Menarik Perhatian, Inilah 3 Bahasa Daerah yang Dikuasai Oleh Penduduk dengan Lokasi Terpencil Nan Jauh dari Kota, Bukan Madura Lalu Daerah Mana?

Menarik Perhatian, Inilah 3 Bahasa Daerah yang Dikuasai Oleh Penduduk dengan Lokasi Terpencil Nan Jauh dari Kota, Bukan Madura Lalu Daerah Mana?

daerah- jameswheeler/pixabay-

Mereka tidak hanya kurang mahir dalam bahasa Jawa atau Madura, melainkan justru memperlihatkan kefasihan dalam tiga bahasa berbeda: Bugis, Bajau, dan bahasa Mandar.

Ketiga bahasa ini menjadi ciri khas yang melekat pada komunitas Kecamatan Sapeken, dan fenomena ini ternyata memiliki akar sejarah yang dalam.



Baca juga: Lahan Seluas 340 ha di Papua Barat Ini Segera Dibumi Hanguskan jadi Bandara! Lokasinya dari Ibukota Papua Cuma 30 Menit, 2024 Dikabarkan Rampung!

Baca juga: Pabrik Mobil Terbesar di Jawa Barat Ini Sudah PHK 700 Karyawan, Tetap Rugi Capai Rp 84 Trilliun! Gak Nyangka! Ternyata Ini Penyebabnya

Pulau Sapeken, tempat berdirinya kecamatan ini, pertama kali ditemukan oleh orang Sulawesi. Maka tidak mengherankan jika kultur dan budaya warga Sapeken terasa begitu berbeda dari masyarakat Madura lainnya.





×

Sejarah ini memberikan penjelasan mengapa sebagian besar warga Sapeken berasal dari suku Bajau, Mandar, dan Bugis.

Pulau Sapeken, yang secara administratif memiliki 53 pulau, dengan 21 di antaranya berpenghuni, menjadi panggung bagi keberagaman budaya yang kental.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr