sunbanner

Rogoh Kocek Rp250 Miliar! Tanggul Laut Palu Siap Halau Tsunami, Simak Lokasinya yang Bikin Terperangah

Rogoh Kocek Rp250 Miliar! Tanggul Laut Palu Siap Halau Tsunami, Simak Lokasinya yang Bikin Terperangah

Rogoh Kocek Rp250 Miliar! Tanggul Laut Palu Siap Halau Tsunami, Simak Lokasinya yang Bikin Terperangah-PEXEL-

+

Sesuai dengan perencanaan, panjang tanggul laut yang telah dibangun mencapai sekitar 7,4 kilometer.

Tanggul ini melintasi Jalan Cumi-Cumi hingga Kawasan Penggaraman, kemudian dilanjutkan ke area Jalan Komodo dan sepanjang pesisir pantai dari Tanjung Tanah Runtuh hingga Muara Sungai Tondo.



Selain sebagai sarana pengaman, tanggul laut di Palu juga memberikan manfaat lain, seperti membantu pelestarian vegetasi dan kawasan permukiman nelayan di sekitar pantai.

Untuk mendukung nelayan, telah dibuat tambatan perahu sementara di dua lokasi, yaitu di Jalan Cumi-Cumi dan di Kawasan Kampung Nelayan, Kelurahan Talise.

Baca juga: Panjangnya Capai 382 Meter! Jembatan Terbaru di Sumatera Utara Ini Bisa Menghubungkan 2 Pulau Sekaligus Tapi Sayang Baru Dibangun Tahun 2024





×

Baca juga: Lahan Seluas 100 Hektar di Provinsi NTB ini Siap Diubah jadi Bandara Internasional, Dana Disiapkan Rp300 Miliar, Akankah Selesai di Tahun 2025?

Baca juga: Pekanbaru Makin Yahud! Inilah Harga Mobil Toyota Avanza Tahun 2018 Siap Dipinang dengan Harga 160 Juta, Body-nya Mulus Mesin Capcus

Lokasi tanggul ini dirancang khusus untuk menahan muka air laut tertinggi di empat wilayah, yakni Silae, Lere, Besusu, dan Talise. Oleh karena itu, tanggul ini sering disebut sebagai Tanggul Pantai Silebeta.

Bencana tsunami pada tahun 2018, diikuti oleh pandemi pada tahun berikutnya, memberikan dampak signifikan terhadap kehidupan masyarakat Palu.

Melalui rekonstruksi dan rehabilitasi infrastruktur, seperti Tanggul Silebeta, diharapkan dapat membantu memulihkan kehidupan masyarakat dan menjadi fasilitas penting dalam proses pembangunan kembali.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr