sunbanner

750 Meter Tanggul Maha Keren di Palu: Melawan Tsunami dengan Dana Fantastis Rp250 Miliar, Dimana Letaknya?

750 Meter Tanggul Maha Keren di Palu: Melawan Tsunami dengan Dana Fantastis Rp250 Miliar, Dimana Letaknya?

750 Meter Tanggul Maha Keren di Palu: Melawan Tsunami dengan Dana Fantastis Rp250 Miliar, Dimana Letaknya?-Berbagai Sumber-

750 Meter Tanggul Maha Keren di Palu: Melawan Tsunami dengan Dana Fantastis Rp250 Miliar, Dimana Letaknya?

Kota Palu telah melalui serangkaian tahap rehabilitasi dan rekonstruksi yang komprehensif menyusul terjadinya bencana tsunami.



Salah satu langkah yang sangat penting dalam proses pemulihan kota ini adalah pembangunan kembali tanggul laut.

Pembangunan tanggul laut, atau disebut juga pengaman laut, bertujuan utama untuk memberikan rasa keamanan kepada penduduk di saat air laut mengalami pasang yang signifikan.

Baca juga: Destinasi Wisata Sepi Pengunjung di Jepara! 5 Hidden Gem di Jawa Tengah





×

Baca juga: Gak Banyak yang Tahu Inilah 4 Daerah Tersepi di Kabupaten Pasuruan yang Membuat Mata Terbelalak Karena Bukan Purwodadi Juaranya, Gimana Prigen?

Dengan adanya tanggul laut ini, diharapkan dapat menciptakan lapisan pertahanan yang efektif untuk melindungi kawasan pesisir dari potensi ancaman bahaya yang dapat ditimbulkan oleh kenaikan air laut.

Langkah ini tidak hanya bersifat proaktif dalam menjaga keselamatan masyarakat, tetapi juga menjadi fondasi yang tangguh dalam proses pembangunan kembali infrastruktur kota, menciptakan lingkungan yang lebih aman dan berkelanjutan.

Baca juga: Saksi Perang Sunan Bonang dan Prajurit Majapahit, Ada Lembah Tersembunyi di Sungai Bengawan Solo Kini Jadi Cagar Budaya Berupa Gua Ada Sejak 1749

Fungsi pengamanan pantai ini juga mencakup perlindungan terhadap pantai dari potensi risiko abrasi dan erosi yang dapat disebabkan oleh gelombang laut yang menghantam.

Selain itu, tanggul laut ini diharapkan mampu mengurangi dampak bencana jika terjadi tsunami kembali di masa yang akan datang.

Informasi dari laman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan bahwa proyek pembangunan Tanggul Teluk Palu berhasil diselesaikan pada tahun 2021.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr