sunbanner

Tanggul Terbesar di Palu Telan Dana Rp250 Miliar dengan Panjang 750M, Bakal Jadi Tembok Penghalang Tsunami Terkuat di Indonesia?

Tanggul Terbesar di Palu Telan Dana Rp250 Miliar dengan Panjang 750M, Bakal Jadi Tembok Penghalang Tsunami Terkuat di Indonesia?

ILUSTRASI Tanggul Terbesar di Palu Telan Dana Rp250 Miliar dengan Panjang 750M, Bakal Jadi Tembok Penghalang Tsunami Terkuat di Indonesia?-PEXEL-

+

Fungsi pengamanan pantai ini juga mencakup perlindungan terhadap pantai dari potensi risiko abrasi dan erosi yang dapat disebabkan oleh gelombang laut yang menghantam.

Selain itu, tanggul laut ini diharapkan mampu mengurangi dampak bencana jika terjadi tsunami kembali di masa yang akan datang.



Informasi dari laman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan bahwa proyek pembangunan Tanggul Teluk Palu berhasil diselesaikan pada tahun 2021.

Baca juga: Panjangnya Capai 382 Meter! Jembatan Terbaru di Sumatera Utara Ini Bisa Menghubungkan 2 Pulau Sekaligus Tapi Sayang Baru Dibangun Tahun 2024

Sesuai dengan perencanaan, panjang tanggul laut yang telah dibangun mencapai sekitar 7,4 kilometer.





×

Tanggul ini melintasi Jalan Cumi-Cumi hingga Kawasan Penggaraman, kemudian dilanjutkan ke area Jalan Komodo dan sepanjang pesisir pantai dari Tanjung Tanah Runtuh hingga Muara Sungai Tondo.

Selain sebagai sarana pengaman, tanggul laut di Palu juga memberikan manfaat lain, seperti membantu pelestarian vegetasi dan kawasan permukiman nelayan di sekitar pantai.

Untuk mendukung nelayan, telah dibuat tambatan perahu sementara di dua lokasi, yaitu di Jalan Cumi-Cumi dan di Kawasan Kampung Nelayan, Kelurahan Talise.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr