sunbanner

Kabupaten Dekat Malaysia Hanya 322 Km dari Pontianak Jadi Ibukota Baru Kalbar? Apa yang Membuatnya Spesial?

Kabupaten Dekat Malaysia Hanya 322 Km dari Pontianak Jadi Ibukota Baru Kalbar? Apa yang Membuatnya Spesial?

Kabupaten Dekat Malaysia Hanya 322 Km dari Pontianak Jadi Ibukota Baru Kalbar? Apa yang Membuatnya Spesial?-PEXEL-

Bahkan Kalimantan Barat ini masuk sebagai salah satu provinsi terbesar ketiga di Indonesia. Akibatnya hal ini membuat sejumlah pusat peemrintahan menjadi jauh. Kalimantan Barat ini merupakan salah satu provinsi dengan luas mencapai 147,307 km2. 

Provinsi ini akan dibagi menjadi 14 wilayah yang terdiri dari 12 kabupaten dan 2 kota. Sejumlah wilayah ini memiliki berbagai keterbatasan dan juga ada semacam pembangunan yang merata bisa menjadi alasan mengapa pemekaran ini dilakukan. 



Wilayah ini juga digadang akan menjadi salah satu ibu kota untuk provinsi baru bernama Kapuas Raya yang mana jaraknya hanya ratusan kilo meter dari Pontianak. 

Provinsi pembentukan Daerah Otonomi Baru menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan agar pemerataan pembangunan bisa dilakukan. Usulan mengenai adanya pembentukan provinsi baru ini awalnya sudah mendapatkan persetujuan. 

Bahkan ada estimasi bahwa DOB baru ini akan dilakukan pada tahun 2025. Tampaknya pemekaran ini akan mendapatkan sejumlah perhatian dan mulai ditanggapi serius oleh pemerintah dengan adanya dukungan dari pemerintahan pusat. 





×

Nantinya ibu kota yang akan menjadi provinsi baru Kapuas Raya ini adalah kota yang dekat dengan Malaysia yakni Batam. 

Dibawah ini akan dijabarkan sejumlah kabupaten yang akan bergabung dengan Kapuas Raya.

Cek daftarnya ada pada halaman berikutnya, 

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr