sunbanner

Presiden Terima Proposal 5 Kabupaten Ini Bakal Jadi Wilayah Baru Cirebon Raya, Simak Ini Potensi Unggulan dan Kapan Terwujud?

Presiden Terima Proposal 5 Kabupaten Ini Bakal Jadi Wilayah Baru Cirebon Raya, Simak Ini Potensi Unggulan dan Kapan Terwujud?

daerah-tom-fisk-

Pemekaran wilayah di Jawa Barat terus menjadi sorotan, dengan beberapa karesidenan yang berencana melepaskan diri dari provinsi Jawa Barat dan membentuk provinsi-provinsi baru yang lebih kecil.

Salah satu karesidenan yang telah menjadi provinsi terpisah adalah karesidenan Banten, yang saat ini merupakan provinsi Banten yang terpisah dari Jawa Barat.



Beberapa wilayah di Jawa Barat juga tengah mempertimbangkan untuk membentuk provinsi-provinsi baru.

Misalnya, Kabupaten Indramayu, Cirebon, Majalengka, dan Kuningan telah mengajukan proposal untuk membentuk Provinsi Cirebon Raya yang akan berdiri secara terpisah dari Jawa Barat.

Jawa Barat adalah salah satu provinsi terbesar di Indonesia, dan memiliki jumlah penduduk terbesar di negara ini.





×

Provinsi ini, yang mayoritas penduduknya bersuku Sunda, memiliki wilayah yang sangat luas, termasuk wilayah Priangan yang terkenal.

Baca juga: CATAT! Deretan Film Terbaik yang Siap Menemani Hari-Hari Anda, Mulai Oktober hingga November Mendatang, Dilengkapi Judul, Sinopsis Beserta Jadwal Tayangnya

Baca juga: Sinopsis Film Mohon Doa Restu (2023), Segera Tayang di Bioskop - Kisah Cinta Mel dan Satya Lanjut ke Jenjang Pernikahan

Jawa Barat terdiri dari 18 kabupaten dan 9 kota, dengan luas wilayah mencapai 35.377,76 kilometer persegi.

Rencana pemekaran wilayah di Jawa Barat mencakup pembentukan provinsi-provinsi baru seperti Provinsi Cirebon Raya dan Provinsi Bogor Raya.

Rencana ini masih dalam tahap perencanaan dan perlu melalui proses yang panjang sebelum dapat terealisasi.

Dalam hal pemekaran wilayah, banyak pertimbangan teknis dan administratif yang perlu dipertimbangkan sebelum perubahan tersebut dapat diwujudkan.

Baca juga: 80 Km dari Jayapura! Papua Lakukan Pemekaran Bentuk Kabupaten Baru, Potensi Grime Nawa Jadi Sorotan Dunia

Baca juga: Bukan di Grand Canyon! Inilah Air Terjun Bertingkat yang Tersembunyi di Kabupaten Malang Ternyata Baru Eksis 6 Tahun, Arema Wes Tau Rena!

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr