sunbanner

Kalteng dan Kalsel Sepakat Buat Wilayah Baru! Intip Keunggulan Barito Raya Hasil Pemekaran Dua Wilayah dan Ibukotanya

Kalteng dan Kalsel Sepakat Buat Wilayah Baru! Intip Keunggulan Barito Raya Hasil Pemekaran Dua Wilayah dan Ibukotanya

daerah-digital banggu/pexels-

Kalteng dan Kalsel Sepakat Buat Wilayah Baru! Intip Keunggulan Barito Raya Hasil Pemekaran Dua Wilayah dan Ibukotanya. 

Pembentukan provinsi baru di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kalimantan Tengah (Kalteng) terus menjadi topik yang mendapat perhatian serius.



Upaya untuk menciptakan provinsi-provinsi baru, terutama di wilayah ini, dianggap sebagai langkah penting dalam mendukung pembangunan dan pemerataan di daerah tersebut.

Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) memiliki luas wilayah yang sangat besar, mencapai sekitar 153.443 kilometer persegi.

Baca juga: Jadwal Pertandingan Voli PON 2024 Hari Senin 23 Oktober 2023. Simak Kualifikasi Tim Putra dan Putri Daerah Ini





×

Wilayah ini bahkan memiliki luas yang lebih dari 1,5 kali lipat dari Pulau Jawa. Hal ini mendorong pertimbangan serius terkait dengan pemekaran wilayah untuk memastikan efektivitas dan efisiensi pemerintahan daerah.

Pemekaran wilayah ini berpotensi untuk membentuk lima kabupaten baru di wilayah yang akan dikenal sebagai Barito Raya.

Kabupaten-kabupaten yang akan bergabung dalam pembentukan provinsi baru ini meliputi Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Barito Timur, dan Kabupaten Murung Raya.

Baca juga: Rencana Pemekaran Kabupaten Indragiri Hilir Lahirkan Peluang Besar dan Pemanfaatan Potensi Alam yang Melimpah, Termasuk Wilayah Mana?

Baca juga: Malang Segera Lakukan Pemekaran Sebab Terlalu Padat? 2 Wilayah Ini Sepakat Bentuk Daerah Baru, Warganya Siap-siap Punya Nama Lain

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr