sunbanner

5 Kabupaten di Jawa Barat Ini Berasal dari Singkatan! Asal Usul Wilayahnya Begitu Menggagumkan, Pasti Gak Nyangka Ada Garut

5 Kabupaten di Jawa Barat Ini Berasal dari Singkatan! Asal Usul Wilayahnya Begitu Menggagumkan, Pasti Gak Nyangka Ada Garut

daerah-frans-van/pexels-

3. Garut 

Garut juga ternyata memilki nama yang unik dan menarik yang berasal dari Bupati dengan nama Adipati Adiwijaya yang disebut dengan nama ibukota baru. Selanjutnya, ada salah satu orang dengan luka besar ditangannya kemudian tangannya terluka. 



Dalam bahasa sunda artinya tergores itu sama dengan 'kakarut' dan hal ini kemudian membuat orang eropa akhirnya sepakat untuk menjadikan nama daerah ini menjadi gagarut sesuai lidah orang eropa. 

Setelha itu, Garut ini kemudian hadir setelah sebelumnya menggunakan kata ci dengan sebutan air sedangkan garut dengan sebutan goresan dan disingkat menjadi Garut. 

4. Tasikmalaya 





×

Kabupaten ini ternyata memiliki sejumlah dan bersal dari singkatan. Kata dan nama Tasikmalaya berasal dari dua kata yakni keusik dan ngalayah. Artinya yakni pasir dan bertebaran. 

5. Ciamis

Nama Ciamis juga begitu unik dengan nama desa yang menarik. Ciamis ini berasal dari kata Cai yang artinya air dan amis yang berarti manis. Dua kata ini berasal dari ini yang kemudian digabung dan berubah menjadi ciamis. 

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr