sunbanner

6,100 Ha Sawah Bakal Terdampak Bendungan Super Besar di NTT, Beri Keuntungan 2,5 Lipat Lebih Banyak! Dana Pembangunannya Fantastis

6,100 Ha Sawah Bakal Terdampak Bendungan Super Besar di NTT, Beri Keuntungan 2,5 Lipat Lebih Banyak! Dana Pembangunannya Fantastis

bendungan-russmac/pixabay-

Bendungan Mbay memiliki luas genangan mencapai 499,55 hektar dan bersumber dari Sungai Aesesa. Dengan dimensi yang besar, bendungan ini mampu menampung sekitar 51,74 juta meter kubik air.

Fungsi utama proyek ini adalah untuk pengembangan dan peningkatan Daerah Irigasi hingga mencapai 6.100 hektar.



Peningkatan dan pengembangan ini diharapkan dapat meningkatkan produksi beras di Kabupaten Nagekeo sebanyak 2,5 kali lipat.

Investasi besar ini memiliki dampak strategis terutama dalam meningkatkan produktivitas pertanian di wilayah tersebut dan sekitarnya.

Baca juga: Pemekaran Nusa Tenggara Barat, Kota Dompu Menjadi Fokus Perhatian? Inilah Rencana Pemekaran NTB, Siap Jadi Isu atau Sekedar Wacana?





×

Baca juga: Mau Gaya Minimalis! Honda Beat Deluxe 2023 Hanya 20 Juta di Semarang, DP Kreditnya Nggak Nyesel, Beneran!

Bendungan Mbay diharapkan dapat menjadi pendorong utama pertumbuhan sektor pertanian, khususnya produksi beras di Kabupaten Nagekeo.

Tidaklah mengherankan bahwa pembangunan infrastruktur sebesar ini memerlukan investasi yang signifikan.

Total biaya yang dikeluarkan untuk merealisasikan Bendungan Mbay mencapai angka fantastis, yaitu sekitar Rp1,4 triliun.

Hingga akhir Desember, progres pembangunan telah mencapai 27 persen, dan pihak terkait menargetkan penyelesaian proyek pada akhir tahun 2024 mendatang.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr